POPULAR STORIES

Trek Balap AXCR Tahun Ini Diprediksi Akan Didominasi Oleh Hujan Dan Lumpur

Trek Balap AXCR Tahun Ini Diprediksi akan Didominasi Oleh Hujan dan Lumpur Trek Balap AXCR Tahun Ini Diprediksi akan Didominasi Oleh Hujan dan Lumpur (Kipli/ MMC)

KabarOto.com - Setiap tahun, Asia Cross Country Rally memberikan peserta tantangan medan yang tersebar selama 6 hingga 9 hari, mencakup hingga 4.200 km di beberapa titik yang telah dibuat.

Ajang reli bersertifikat FIA yang digelar sejak 1996 ini menjadi impian para pereli asia termasuk Indonesia. Tentu saja ajang ini menjadi langkah penting menuju reli terbesar Paris Dakar.

Tantangan tersebut dirancang AXCR bagi seluruh peserta sehingga dituntut mempersiapkan banyak hal. Bahkan, persiapannya sama dengan balap Paris Dakar meski dalam skala lebih kecil.

Baca Juga: Mantap! Julian Johan Bakal Lakoni Balap AXCR Di Thailand Bulan Agustus 2023

Asia Cross Country Rally (AXCR) 2023, yang kini memasuki tahun ke-28, akan dimulai dengan seremonial pada hari Minggu, 13 Agustus 2023, di Pattaya, yang diklaim pihaknya salah satu lokasi wisata terbaik di Thailand.

Reli sesungguhnya akan dimulai pada hari berikutnya, Senin tanggal 14, dengan rute ke arah timur, kira-kira sejajar dengan perbatasan Kamboja, memasuki Laos pada hari Kamis tanggal 17 Agustus 2023, dan mencapai tujuan pada hari Sabtu tanggal 19 Agustus 2023.

Baca Juga: Ini Profil Tim Mitsubishi Yang Bakal Berlaga Di Balap AXCR 2023

Selama reli berlangsung, para pereli akan menempuh jarak sekitar 2 ribu km, termasuk lebih dari 1.000 km Special Stage. Lintasan tahun ini juga memiliki banyak variasi, termasuk daerah pegunungan, hutan lebat, jalan berlumpur, penyeberangan sungai, dan masih banyak lagi.

Lintasan yang sulit ini diharapkan dapat menguji kemampuan handling dan ketahanan mobil reli. Tahun ini, acara ini akan diselenggarakan pada bulan Agustus yang merupakan musim hujan, dan kondisi berlumpur diperkirakan akan lebih parah daripada tahun lalu.