POPULAR STORIES

Trik Mengatasi Jok Motor Matik Yang Sulit Dibuka

Trik Mengatasi Jok Motor Matik yang Sulit Dibuka Foto: Istimewa

Penjualan motor transmisi otomatis atau matik masih menempati posisi tertinggi di pasar domestik. Masyarakat banyak yang kepincut dengan motor ini karena berbagai hal. Salah satunya karena mudah dikendarai dan nyaman, terutama di kalangan pengguna wanita dan lanjut usia.

Pun begitu, di balik berbagai keunggulannya, motor matik ternyata juga acap menerima masalah. Yang paling sering terjadi adalah di sektor jok motor. Jok motor motor matik sering macet dan susah dibuka.

Jika sudah begini, pilihannya cuma dua. Dibawa ke bengkel untuk diperbaiki atau coba untuk memperbaiki sendiri di rumah. Tapi jika jok motor matik sudah sampai tahap sangat sulit dibuka, sebaiknya diserahkan saja kepada ahlinya.

Jangan terus mencoba memperbaiki sendiri. Karena ada beberapa kasus cara seperti ini malah merusak, bahkan membuat kunci motor menjadi bengkok.

Tapi jika karena suatu alasan Anda tetap ingin memperbaiki sendiri, hal pertama yang harus diingat adalah memberi pelumas di lubang kunci dan area pengunci jok agar pengunci lebih licin.

Selain itu, perlu diingat juga bahwa penumpukan kotoran debu yang menempel di area pengunci jok juga bisa jadi penyebab sulit membuka jok. Untuk itu Anda bisa membersihkannya dengan cara menyikatnya dengan sikat.

Nah, jika sudah bersih akan tetapi masih susah untuk dibuka, maka kemungkinan penyebab berikutnya adalah komponen pengunci joknya bergeser atau tidak dalam posisi normal.

Jika tetap tak mau membawa ke bengkel, solusi mudah untuk mengatasi persoalan ini adalah dengan memutar kunci ke kanan dan ke kiri.

Cara ini dimaksudkan untuk membuat komponen yang bergeser bisa kembali ke posisi semula agar jok mudah dibuka. Semoga trik ini cukup membantu Anda bilamana sedang bermasalah dengan jok motor matik yang sulit dibuka.