POPULAR STORIES

Ubahan Komponen Aerodinamika Ferrari F1 Dan Williams F1

Ubahan Komponen Aerodinamika Ferrari F1 Dan Williams F1 Ilustrasi Desain Mobil Ferrari F1 (foto:Giorgio Piola)

Dalam balap Formula 1 selalu ada perubahan komponen tertentu untuk memperbaiki performa mobil balap masing-masing tim tanpa kecuali, seperti contohnya pada gelaran balap F1 tahun ini saat tim Ferrari dan Williams mengumumkan perubahan komponen aerodinamika mobil mereka secara terbuka. Seperti pada ilustrasi yang terdapat pada situs formula1.com, Ferrari telah memperbaiki beberapa komponen pada mobil SF15-T seperti saluran udara pendingin rem, bagian sayap belakang dan sayap depan seperti pada foto dan ilustrasi dari situs milik Giorgio Piola, salah satu wartawan senior Italia yang sangat paham dengan hal teknis di balap Formula 1.

Seperti yang terlihat pada gambar, Ferrari telah memanjangkan saluran pendingin udara rem mobil dan membuatnya sebagai komponen aerodinamika dengan menambahkan 3 bilah vortex (panah atas) di elemen vertikal dan 1 bilah vortex di area sekitar roda belakang. Tujuan bilah tersebut adalah untuk meminimalisir turbulensi udara yang tercipta dari perputaran roda.

Tim Williams juga melakukan perubahan komponen pada ujung belakang diffuser mobil FW37 yang kini memiliki bagian yang lebih menjorok kedalam (panah merah) diatas bagian hulu dari diffuser untuk memberikan daya tekan udara yang lebih baik di roda belakang.

Baca juga: