POPULAR STORIES

Ubahan Komprehensif Volkswagen ID.3 Ditebus Dengan Banderol Rp710 Jutaan

Ubahan Komprehensif Volkswagen ID.3 Ditebus Dengan Banderol Rp710 Jutaan Volkswagen ID.3 (Foto: VW)

KabarOto.com - Volkswagen ID.3 diluncurkan empat tahun lalu, kini pabrikan melakukan penyegaran dan diklaim memiliki peningkatan yang komprehensif.

Dari sisi desain, model terbaru menggunakan bumper yang lebih dioptimalkan, tampilannya lebih berkelas dengan intake dipadukan gril yang lebih menonjol, dan meningkatkan aliran udara di sekitar roda depan.

Bagian belakang ada lampu yang sedikit direvisi. Meskipun terlihat hampir identik dengan pendahulunya, Volkswagen mencatat bahwa elemen pada palka sekarang menyala. Selain itu, lampu remnya membentuk X-shape dan ada juga lampu sein dinamis.

Model terbaru menggunakan bumper yang lebih dioptimalkan

Terakhir, ada warna eksterior Dark Olivine Green baru yang "mewakili eksklusivitas dan nilai premium". Volkswagen mengatakan "cat metalik warna-warni memiliki efek mutiara emas yang hangat dan mendukung kontur desain eksterior yang modern dan bersih." Ini kontras dengan atap hitam dan trim perak matte.

Volkswagen ID.3 baru memiliki ukuran panjang 4,261 mm, lebar 1,809 mm, dan tinggi 1,562 mm, dengan jarak sumbu roda 2,770 mm.

Baca juga: Volkswagen Atlas Dan Atlas Cross Sport Meluncur Untuk Pasar Amerika Serikat

Masuk area kabin, Volkswagen menggunakan bahan berkualitas lebih tinggi, ID.3 telah dilengkapi dengan aksen sentuhan lembut baru serta pintu yang diperbarui dengan sandaran tangan lebih lebar.

Spidometer digital 5,3 inci dan sistem infotainment standar 12 inci

Pelapis mikrofiber Artvelours Eco terpasang di kursi dan panel pintu. Ini adalah bahan yang tampak berkelas dan Volkswagen mengatakan, “Kainnya 71% menggunakan bahan daur ulang, bahan baku sekunder yang diperoleh dengan mendaur ulang sampah plastik yang sebelumnya telah dibuang setidaknya satu kali."

Konsumen juga akan menemukan spidometer digital 5,3 inci dan sistem infotainment standar 12 inci. Mereka dapat digabungkan dengan tampilan head-up augmented reality dengan instruksi navigasi dinamis yang bisa digunakan dalam jarak 10 meter di depan kendaraan.

Volkswagen ID.3 baru mendapatkan teknologi vehicle-to-everything (V2X)

Lebih lanjut ada juga sistem pencahayaan ambien sepuluh warna dan kapasitas bagasi hingga 1.267 liter dengan kursi belakang dilipat. Model ini dilengkapi dengan bermacam-macam sistem bantuan pengemudi termasuk Adaptive Cruise Control, Lane Assist, Travel Assist dengan pergantian jalur otomatis, dan Park Assist Plus dengan fungsi memori yang dapat "mereproduksi manuver individu yang dipelajari sebelumnya".

Baca juga: Volkswagen Ungkap Masalah Cip Semikonduktor Masih Hantui 2023

Volkswagen ID.3 baru mendapatkan teknologi vehicle-to-everything (V2X), yang memungkinkan model untuk berkomunikasi dengan kendaraan dan infrastruktur yang kompatibel dalam radius hingga 800 meter. Jika terjadi kecelakaan atau bahaya, peringatan dapat dikirimkan untuk memperingatkan pengendara lain.

Sistem penggerak mengandalkan baterai lithium-ion 58 kWh atau 77 kWh. Pilihan pertama membuat Volkswagen ID.3 Pro menjangkau jarak 426 km, sedangkan yang terakhir memungkinkan ID.3 Pro S menempuh jarak hingga 546 km dengan sekali pengisian daya.

lampu remnya membentuk X-shape dan ada juga lampu sein dinamis.

Soal performa, Volkswagen ID.3 dibekali motor listrik yang diletakkan di belakang yang mampu menghasilkan tenaga 201 dk dan torsi 310 Nm. Akselerasi 0-100 kpj ditempuh dalam waktu 7,3 detik (Pro), sedangkan ID.3 Pro S menyelesaikannya dalam waktu 7,9 detik. Kedua varian memiliki kecepatan tertinggi 160 kpj.

Saat mengisi daya, Volkswagen ID.3 Pro dapat mengisi daya dari 5 hingga 80% dalam waktu 35 menit dengan pengisi daya cepat 120 kW. Sedangkan, varian ID.3 Pro S memiliki kapasitas pengisian daya hingga 170 kW dan ini memungkinkannya mengisi daya 80% hanya dalam waktu 30 menit

Volkswagen ID.3 dibanderol mulai dari €43.995 atau sekitar Rp 710 jutaan. Di mana, hatchback ini akan dipasarkan di Jerman mulai Desember 2023.