POPULAR STORIES

Uji Ketangguhan Dan Kenyamanan, Hino Gelar Road Test Dua Bus Terbaru

Uji Ketangguhan dan Kenyamanan, Hino Gelar Road Test Dua Bus Terbaru Road test dua Bus Hino di Jawa Tengah.

KabarOto.com - PT. Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) bersama dengan PT Duta Cemerlang Motor (DCM), selaku dealer resmi Hino untuk wilayah Jawa Tengah, menggelar road test FC Bus dan RN 285 untuk menguji ketangguhan mesin dan kenyamanan bus Hino kepada para Pengusaha Otobus (PO) di daerah Jawa Tengah.

Road test diikuti 30 pengusaha otobus dibidang transportasi antar kota maupun pariwisata, rute road test mulai dari Hotel The Wujil Semarang menuju tol Unggaran dan tol Salatiga.

Baca Juga: Hino Persiapkan Mesin Untuk Penuhi Regulasi Biodiesel B30

Road test dilakukan untuk mengenalkan fitur atau pengembangan terbaru dari FC Bus, di mana terdapat perubahan dari sebelumnya menggunakan ban dan pelek 8.25 R16, kini FC Bus menggunakan ban dan pelek 9.5 dan R 17.5 untuk menambah kenyamanan dalam berkendara. Dengan perubahan ban dan pelek ini maka gap antara brake drum dan velg menjadi lebih besar, sehingga sirkulasi udara panas pada ban menjadi lebih baik.

Road test ini diikuti oleh 30 pengusaha otobus yang bergerak dibidang transportasi antar kota maupun pariwisata

Juga dapat mengurangi kejadian ban pecah saat di kendarai. Tidak hanya itu, dengan saat ini menggunakan ban radial tubeless. FC Bus menjadi mudah dalam perawatan dan lebih hemat biaya karena tidak harus mengganti ban dalam.

Road test ini juga sebagai ajang untuk memperkenalkan transmisi baru dari Hino Bus RN 285, yang saat ini menggunakan tipe ZF6S1010B0 over drive yang lebih bertenaga dan hemat bahan bakar dalam pengoperasian. Hino Bus RN 285 juga memiliki Retarder Transmission, yang membantu proses pengereman menjadi lebih aman dan nyaman bagi penumpang dan juga pengemudi.

Keuntungan lainnya dengan penggunaan retarder ini adalah mengurangi lelah pengemudi, karena frekuensi mengijak pedal rem yang berkurang. Sehingga berdampak juga terhadap penghematan penggunaan kanvas rem, untuk menghemat biaya operasional pengusaha bus.

Menguji ketangguhan bus Hino.

Prasetyo Adhiyudo, Product Division Head HMSI mengatakan, Hino bus saat ini memiliki peran besar sebagai penghubung setiap kota di Indonesia. "Untuk itu kami terus melakukan improvement untuk bus ini agar semakin ekonomis dan efisien," terangnya.

Baca Juga: Hino Donasikan Alat Peraga Dan Komponen Kendaraan Ke STT Wastukancana

Hino Bus RN 285 dan FC Bus menggunakan mesin common rail yang sudah terjamin ketangguhan dan kemudahan perawatannya. FC Bus memiliki kapasitas 40 penumpang, dan melengkapi jajaran produk bus Hino yang sebelumnya hanya terdapat bus besar seperti RN 285 dan R260 dengan kapasitas 59 penumpang dan bus kecil dengan kapasitas 30 penumpang.

Hino Bus ini sangat cocok digunakan untuk pariwisata maupun transportasi dalam kota dan antar kota. Ini dibuktikan dengan penjualannya pada tahun 2018 lalu mencapai 1.387 unit dan menguasai pasar hingga 96%