POPULAR STORIES

Uji Ketangguhan Suzuki Jimny 5-Door Di Medan Off-Road

Uji Ketangguhan Suzuki Jimny 5-Door di Medan Off-Road Foto: KabarOto

KabarOto.com - PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) menginisiasi program Test Drive Experience Suzuki Jimny 5-Door di Desa Pelangi Sentul, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. SUV terbaru dari Suzuki tersebut diajak untuk melintasi medan bertanah hingga kubangan air buatan, merasakan langsung keunggulan dari Suzuki Jimny 5-Door tersebut.

Berlangsung di Desa Pelangi pada Selasa kemarin (05/03), KabarOto mencoba langsung SUV 4 penumpang tersebut di medan off-road buatan. Melalui lintasan sepanjang 1,4 km untuk merasakan ketangguhan dan fitur yang di gendong SUV kebanggaan dari Suzuki tersebut.

Baca juga: Harga Suzuki Jimny 5-Door Sampai Rp520 Juta, Dampaknya Bagai Buah Simalakama

Melintasi kubangan air buatan untuk merasakan ketangguhan SUV ikonik Suzuki

Menggendong teknologi yang disebut AllGrip Pro (penggerak roda 4x4), sebagai pengendara dapat memilih mode penggerak roda sesuai dengan kebutuhan di lintasan buatan tersebut.

Dengan sistem AllGrip Pro, Suzuki Jimny 5-Door mampu mentrasfer tenaga secara manual dan girboks jarak rendah dengan mode 2H untuk jalanan aspal normal/perkotaan, 4H untuk jalanan off-road dan 4L penggunaan di jalan bebatuan, lumpur hingga medan berat.

Selain itu terdapat beberapa fitur menarik yang akan membantu menerjang lintasan tersebut, seperti:

  • Brake Limited Slip Differential Traction Control (Brake LSD). Dengan fitur ini melalui jalanan dengan permukaan yang licin, merasakan sistem distribusi daya rem dan torsi secara pintar kepada setiap roda Jimny 5-door sesuai kebutuhan untuk mencegah terjadi slip.

  • Electronic Stability Programme (ESP) merupakan fitur yang akan secara otomatis menjaga stabilitas kendali mobil di kondisi jalanan khususnya saat di lokasi adalah jalan tanah yang licin dan berkelok. Fitur ini menghindari adanya oversteer dan understeer.

  • Hill Descent Control (HDC), fitur ini berfungsi untuk mengendalikan kecepatan putaran roda menggunakan sistem kendali kendaraan yang akan secara otomatis memperlambat laju mobil dengan aman. Hal ini dirasakan KabarOto saat melalui lintasan menurun tajam di trek off-road.

  • Hill Hold Assist (HHA), fitur ini KabarOto rasakan ketika melintasi jalan menanjak dengan permukaan jalan beton semen. Fitur ini membantu mencegah kendaraan berjalan mundur selama 3 detik setelah rem dilepas.

Baca juga: Suzuki Bukukan SPK 1.200 Unit Selama IIMS 2024, Jimny 5-Door Sumbang 263 Unit

Latar belakang lintasan off-road adalah wilayah Sentul City

Suzuki Jimny 5-Door punya panjang 3.965 mm, lebar 1.645 mm, tinggi 1.720 mm, sumbu roda 2.590 mm dan jarak pijaknya sekitar 210 mm. Dengan lebih panjangnya tersebut, Jimny 5-Door memiliki akomodasi ruang yang lebih besar untuk menunjang aktivitas harian dan bepergian jarak jauh.

Apalagi goncangan di kabin ternyata cukup diluar dugaan, tidak sekeras versi 3-Door. Mobil terayun empuk, dan penumpang belakang masih merasa leluasa untuk menggerakan kakinya.

Satu hal yang cukup menarik, dengan rear view camera. KabarOto bisa memantau bagian belakang kendaraan saat parkir, serta 4 spot sensor parkir yang tersedia di depan dan belakang kendaraan.

Jantung mekanis Jimny 5-Door mengandalkan mesin K15B, dengan spesifikasi 4 silinder DOHC, 16 katup, Multipoint Injection, berkapasitas 1.462 cc. Sanggup menghasilkan tenaga maksimalnya sebesar 100 dk pada 6.000 rpm dan torsi maksimal 130 Nm pada 4.000 rpm.

Tenaga mesinnya mumpuni untuk diajak memanjat tebing buatan, dan melewati tanah lumpur. Padahal menggunakan ban standarnya.

Saat pengujian menggunakan transmisi otomatis, dengan 4 percepatan. Dan untuk peleknya menggunakan ukuran 15 inci dengan ban lansiran Bridgestone Dueler H/L 195/80R15.

Selama acara test drive ini, PT SIS juga membawa serta tim Service dan instruktur ahli untuk memberi pendampingan agar peserta dapat memahami setiap fitur dan penggunaan mobil sesuai fungsinya.

Baca juga: Hari Ini Debut Perdana Versi 5 Pintu, Intip Debut 4 Generasi Suzuki Jimny Di Tanah Air

Lebih panjang dari versi 3-Door, membuat Jimny 5-Door punya kabin tengah lebih lega

kehadiran Suzuki Jimny 5-Door menjadi bukti keseriusan PT SIS untuk menghadirkan mobil ikonik 5 pintu tersebut dipasar lokal. Hadir untuk pasar Indonesia dengan pilihan warna metallic sizzling red-pearl bluish black, kinetic yellow-pearl bluish black, metallic chiffon ivory-pearl bluish black, granite gray mettallic, pearl bluish black dan jungle green.

Kemudian, untuk harganya masih tidak berpengaruh dengan situasi upgrade harga yang kemarin sempat heboh hingga menyentuh angka Rp 530 jutaan.

Adapun harga resmi dari Suzuki Jimny 5-Door adalah sebagai berikut:

  • MT Rp 462.000.000

  • AT Rp 475.600.000

  • MT Two Tone Rp 465.000.000

  • AT Two Tone Rp 478.600.000