POPULAR STORIES

Uji Tabrak Suzuki Swift Dapat Nilai 4 Bintang Dari NCAP Jepang

Uji Tabrak Suzuki Swift Dapat Nilai 4 Bintang Dari NCAP Jepang Suzuki Swift Uji Tabrak. (Foto: Motorbeam)

KabarOto.com - Mengawasi uji tabrak yang dilakukan Suzuki Swift di Jepang, National Agency for Automotive Safety and Victims’ Aid (NASVA), secara resmi merilis laporan rinci dan rekaman pengujian yang menunjukkan kinerja mobil hatchback tersebut.

Seperti dilansir Motorbeam, Skor keselamatan Suzuki Swift 2024 ialah 177,8 poin dari 197 poin. Dengan demikian, mobil 5 penumpang tersebut berhasil mendapatkan 4 bintang keselamatan dalam uji tabrak yang dilakukan NCAP Jepang.

Suzuki Swift Unggul dalam Segi Keselamatan

Dalam pengujiannya, JNCAP menyebut bila mobil layak mendapatkan skor tersebut karena memiliki keunggulan utama pada kinerja keselamatan preventif. Suzuki Swift juga telah dilengkapi sistem bantuan pengemudi canggih (ADAS) pada model dengan spesifikasi tertinggi, termasuk fitur adaptive cruise control dan autonomous emergency braking.

Mobil ini juga menunjukkan kemampuan keselamatan preventif yang terpuji, memperoleh skor 88,7 dari 89 poin yang mengesankan.

Selain itu, Swift juga harus menghadapi beberapa tantangan dalam uji tabrak, salah satunya pada area perbaikan yang teridentifikasi, khususnya dalam perlindungan penumpang belakang. Dalam pengujian ini, mobil hanya mendapatkan skor 81,1 dari 100 poin.

Baca Juga : Harga Suzuki Jimny 3-Door Dan 5-Door Naik, Cek Harga Terbarunya

Terlepas dari kekurangan ini, Swift berkinerja baik dalam uji tabrak samping dan mencegah cedera leher saat tabrakan terjadi dari belakang.

Sebagai informasi, Suzuki Swift generasi keempat meluncur dengan ubahan yang menyeluruh, namun dari tampilannya masih terlihat mirip dengan model sebelumnya.

Fascia depannya masih sangat mirip, dengan kap mesin lebih kecil. Tarikan garis pada bodinya membuat Suzuki Swift ini terlihat tegas. Punuk unta di pilar C juga kini telah sewarna bodi yang sebelumnya berwarna hitam dan telah diratakan.

Baca Juga : Setelah Dua Bulan Diluncurkan, Suzuki Jimny 5-Door Didistribusikan ke Tangan Konsumen

Performa Suzuki Swift

Dari segi performa, versi terbaru Suzuki Swift dibekali mesin hybrid ringan. Suzuki masih belum mengungkapkan angka tenaga atau performa untuk mesin Z-Series (Z12) 3 silinder, 1.200 cc dengan pilihan penggerak depan dan semua roda serta telah dioptimalkan untuk torsi low-end.

Sebagai gambaran, mobil dengan hibrida ringan 1.200 cc ini menghasilkan tenaga 82 dk, dan membutuhkan waktu 12,2 detik untuk mencapai 100 kpj, dengan transmisi CVT opsional.