Ukuran Pelek All New Honda PCX 160 Berbeda, Ini Alasannya

Ukuran Pelek All New Honda PCX 160 Berbeda, Ini Alasannya

KabarOto.com - Astra Honda Motor (AHM) baru saja memperkenalkan All New Honda PCX 160 ke masyarakat Indonesia. Motor ini menjadi pesaing Yamaha NMax 155 yang sudah lebih dulu diluncurkan ke publik.

Selain menggunakan mesin dan CVT yang semuanya baru, Honda juga mengubah tampilannya menjadi lebih modern. Salah satunya adalah pelek, yang saat ini lebih terlihat menawan dengan ukuran yang berbeda.

Baca juga: Gunakan CVT Baru, Honda PCX 160 Tidak Akan Gredek

Pelek depan menggunakan 14 inci

All New Honda PCX 160 pelek depannya memiliki lingkar 14 inci dibalut dengan ban 110/70. Sementara tu, pelek belakangnya menggunakan pelek 13 inci dengan ban 130/70.

Perbedaan belek di depan dan belakang, tidak hanya untuk PCX 160 versi Indonesia saja, di Jepang, Amerika Serikat, dan Thailand juga sama. Lalu apa yang membuat kedua pelekini berbeda. Karena, setiap produsen motor bisanya membuat pelek depan dan belakang sama ukurannya.

Ukuran pelek belakang gunakan 13 inci

Endro Sutarno, Technical Service Division PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, pelek ini menyesuaikan dengan sasis baru dan kondisi mesin supaya lebih nyaman saat berkendara.

Baca juga: Perbedaan Suspensi Honda PCX 160 Dengan PCX 150

"Bagian belakang memang pakai pelek 13, tapi besar secara keseluruhan mirip dengan velg 14," jelasnya.

Saat ini, ban belakang juga lebih lebar dibanding Honda PCX 150, dari 120/70 ring 14 menjadi 130/70 ring 13.

"Ukuran ini untuk mengimbangi performa yang naik, jadi supaya penyaluran tenaganya juga maksimal," terangnya lagi.

Endro menambahkan, penggunaan pelek belakang yang lebih lebar ini juga mendukung penampilan Honda PCX 160. Dengan pelek ini, penampilan skuter bongsor ini terlihat lebih gagah.