POPULAR STORIES

Unik! Grab Luncurkan GrabAndong Di Yogyakarta

Unik! Grab Luncurkan GrabAndong di Yogyakarta Ilustrasi Andong di Yogyakarta (ist)

KabarOto.com - Bagi sobat KabarOto yang pernah berkunjung ke Yogyakarta, Jawa Tengah, dan kebetulan mampir ke kawasan Malioboro, pasti tak asing dengan angkutan tradisional bernama andong. Ya, alat transportasi yang menggunakan kuda sebagai penggeraknya ini, memang menjadi ciri khas kota pelajar tersebut.

Kini, Kementerian Pariwisata bersama perusahaan penyedia layanan transportasi berbasis online, Grab, resmi meluncurkan GrabAndong. Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, peluncuran layanan baru ini, dinilai mampu menjadi daya tarik bagi wisatawan yang datang ke Yogyakarta.

Baca Juga: Gandeng Kementrian Pariwisata, Grab Luncurkan Moda Tranportasi Ikonik

"Program ini merupakan kelanjutan dari kemitraan (dengan Grab) dalam mendukung 'Wonderful Indonesia', untuk mendukung peningkatan kualitas moda transportasi lokal ikonik yang dapat memberikan pengalaman baru dan unik. Harapannya, dengan dukungan teknologi, semakin banyak wisatawan yang mengunjungi destinasi ini," kata Arief.

GrabAndong diharapkan mampu memikat wisatawan

Lebih lanjut Arif mengatakan, bahwa pihaknya sangat mendukung layanan baru ini. "Sebelumnya juga diluncurkan GrabBajay di Jakarta serta GrabBetor di Medan, dan GrabBentor di Gorontalo, kami sangat mengapresiasi inisiatif Grab".

Gubernur Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengkubuwono X menambahkan, Yogyakarta tidak cuma menawarkan keindahan dari lokasi-lokasinya, tapi keunikan moda transportasi sehingga membuat wisatawan semakin berkesan.

"Yogyakarta juga menawarkan andong sebagai salah satu transportasi utama yang memikat wisatawan. Sehingga wisatawan yang datang memiliki kenangan tersendiri saat ke Yogyakarta," katanya.

Beroperasi di kawasan Malioboro

Data Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta, jumlah turis yang mengunjungi Yogyakarta semakin meningkat setiap tahunnya. Pada tahun 2017, rata-rata jumlah turis Yogyakarta mencapai 435.775 orang, di mana sekitar 50 persennya mengunjungi kawasan Malioboro.

Baca Juga: Nih! 5 Layanan Grab Buat Sobat KabarOto Yang Suka Traveling

"Dengan semakin membludaknya jumlah turis ini, tentu bisa dimanfaatkan untuk mendorong potensi penggunaan andong sebagai transportasi penunjang," kata Sri Sultan Hamengkubuwono X.

Managing Director Grab Indonesia, Neneng Goenadi mengatakan, peluncuran GrabAndong merupakan bentuk dukungan Grab untuk melestarikan ragam kekayaan tradisi dan juga budaya Yogyakarta, kepada penduduk sekitar maupun wisatawan.

"Kami senang dapat memfasilitasi kebutuhan para wisatawan dan pengguna Grab, yang ingin menjelajahi kawasan Malioboro dengan moda transportasi tradisional yang khas, berpadukan dengan dukungan teknologi terkini," ujarnya.