POPULAR STORIES

Untung Bagi Perusahaan, Ini Tips Bikin Ban Kendaraan Komersial Awet

Untung Bagi Perusahaan, Ini Tips Bikin Ban Kendaraan Komersial Awet KabarOto/Hankook

KabarOto.com - Memilih ban untuk kendaraan niaga seperti truk, bus, dan van, perlu pengetahuan yang baik guna mendapatkan biaya operasional yang rendah. Sobat KabarOto bisa memulai dengan mengenali jenis ban berdasarkan konstruksinya, yaitu ban radial dan ban bias.

Ban radial memiliki struktur lapisan baja sejajar dari arah kiri ke kanan. Sedangkan, ban bias memiliki struktur lapisan nylon yang menyilang. Secara umum, kelebihan ban radial terletak pada penghasilan hawa panas yang lebih rendah.

Hal ini dikarenakan ban radial terbuat dari kawat baja dengan jumlah lapisan yang lebih sedikit dari ban bias. Kelebihan lainnya adalah umur pakai ban radial lebih panjang daripada ban bias.

Baca juga: Curhat Devi, Jalani Profesi Supir Truk Dan Youtuber Selama 4 Tahun

Ahmad Juweni selaku National Sales Manager Truck and Bus Radial (TBR) PT Hankook Tire Sales Indonesia, mengatakan bahwa dengan memilih jenis ban yang tepat, pengusaha angkutan dapat menekan biaya operasional.

“Berbagai kelebihannya, khususnya umur pakai ban yang lebih panjang dari ban bias, ban radial akan membantu pengusaha untuk menekan biaya operasional,” ujarnya.

Ia mengatakan, hindari pengereman dan percepatan yang mendadak maupun berlebihan. Pengereman berlebihan dapat membuat panas berlebihan pada tromol rem, panas tersebut dapat diteruskan hingga ke ban dan dapat menyebabkan kerusakan pada ban, khususnya area bead.

Kedua, perhatikan beban maksimum yang dapat diangkut oleh kendaraan. Ketahui dimensi dan kapasitas kendaraan Anda, serta indeks beban pada ban itu sendiri. Indeks beban merupakan kapabilitas ban untuk mengangkut beban saat berkendara yang biasanya ditunjukan oleh kode numerik.

Seperti contoh pada ban, terdapat kode 149/146J yang berarti ban ini dapat mengangkut berat hingga 3.250 kg untuk ban single dan 3 ribu kg untuk ban ganda. Jika terpaksa harus mengangkut ban lebih lebih dari standar, maka, pastikan untuk mengurangi kecepatan kendaraan dan menyesuaikan tekanan angin ban.

Ketiga, perhatikan indikator kecepatan kendaraan. Beberapa tipe ban telah menyematkan kode batas kecepatan maksimal kendaraan, berdasarkan rekomendasi industri maupun praktikal pada bannya.

Baca juga: Bridgestone Gandeng Kodiak Robotics Ciptakan Truk Otonom

Indikator tersebut berdekatan dengan indeks beban, jika tertera 146J maka J merupakan kode kecepatan yang berarti ban ini mampu melaju hingga 100 kpj. Berkendara dengan kecepatan di atas batas rekomendasi dapat membuat ban lebih panas dari biasanya sehingga dapat merusak komponen ban.

Keempat, ukur kedalaman tapak secara berkala. Ketika tapak sudah mendekati tread wear indicator atau untuk ban truk dan bus antara 2 - 3 mm, maka ban tersebut sudah saatnya diganti. Jika ingin mengetahui tingkat keausan secara lebih presisi, bisa juga menggunakan alat ukur khusus yaitu tire tread depth gauge.

Kelima, terakhir dan yang paling penting adalah untuk selalu memastikan ban diisi dengan tekanan angin yang sesuai dengan beban yang diangkut. Pada dinding samping ban radial biasanya terdapat keterangan tekanan angin dan beban standar.

Jika terpaksa muatan melebihi standar, maka, tekanan angin harus disesuaikan (ditambah). Sebelum melakukan perjalanan, selalu pastikan bahwa tekanan angin ban sesuai dengan beban yang diangkut.