POPULAR STORIES

Upaya Mobil Supersonik LSR Bloodhound Cetak Rekor Kecepatan Di Afrika Selatan

Upaya Mobil Supersonik LSR Bloodhound Cetak Rekor Kecepatan di Afrika Selatan Sumber: NewAtlas

KabarOto.com - Setelah tahun lalu sempat berada diambang kebangkrutan, mobil supersonik Bloodhound dengan tegas kini menorehkan rekor kecepatan darat lagi. Mengambil lokasi di sebuah gurun di Afrika Selatan, kendaraan bermesin jet tersebut mencatatkan kecepatan tercepatnya.

Sebelum mencapai kebangkrutan akibat pengembangan mobil jet Bloodhound LSR, dengan ujicoba terakhir mencetak kecepatan 334 kpj dalam 8 detik. Proyek pengembangan mobil jet ini diselamatkan oleh pengusaha Ian Warhust, dengan memindahkan tim ke markas baru. Memulai sebuah proyek untuk mencatatkan rekor di gurun Afrika Selatan tersebut.

Baca juga: Akhirnya Ini Tampang Kawasaki Z H2

Pengujian dilakukan untuk mengukir rekor kecepatan tertinggi, Bloodhound LSR melakukan beberapa kali pengujian. Yang pertama dimulai dengan uji mesin statis sebelum sistem kemudi dan pengereman dilakukan dengan kecepatan rendah, hingga 100 mph (160 kpj). Laju 200 mph (321 kpj) kemudian diikuti, di mana mobil dibiarkan "meluncur turun" sehingga tim dapat mengamati hambatan bergulir.

Kemudian untuk grand finale, mesin jet EJ200 menembakkan afterburner penuh untuk pemanasan ulang 12 detik penuh, yang menetapkan bahwa itu berfungsi dengan baik, dan mendorong LSR Bloodhound ke 334 mph (537 kpj). Kecepatan tadi menandai awal dari program pengujian kecepatan tinggi, dengan tim membangun hingga kecepatan target 500 mph (800 kpj).

Baca juga: Hennessy Siap Bikin Venom F5 Sebagai Mobil Tercepat Di Dunia

“Kami memiliki dua putaran yang sangat sukses hari ini, dengan putaran kedua mencapai kecepatan maksimal 334 mph - bergerak dari 50 mph menjadi 300 mph dalam 13 detik,” kata pengemudi Bloodhound Andy Green, yang juga pemegang rekor kecepatan darat saat ini.

“Ada angin kencang yang berhembus lebih dari 15 mph dan kami telah menetapkan bahwa ini cukup banyak batas untuk berlari di dalam mobil. Kami senang karena ini adalah tes yang berhasil, sekarang kami siap untuk maju ke kecepatan yang lebih tinggi," tambahnya.

Pada akhirnya, tim bekerja menuju dua tujuan utama. Pertama memecahkan rekor kecepatan darat, yang saat ini mencapai 763.035 mph (1.227,9 kpj). Selanjutnya upaya untuk melewati 1.000-mph (1.609 kpj).

Ini sedang direncanakan untuk mengukir rekor tersebut pada akhir 2020.

Berita Terkait

Berita Terkait