POPULAR STORIES

Update Klasemen Konstruktor F1 2021, Red Bull Racing Semakin Dekati Mercedes AMG Petronas

Update Klasemen Konstruktor F1 2021, Red Bull Racing Semakin Dekati Mercedes AMG Petronas

KabarOto.com – Red Bull Racing semakin dekat dengan pemegang sementara juara dunia konstruktor Mercedes AMG Petronas usai berhasil meraih double podium di Grand Prix Meksiko, Senin (8/11) dini hari. Max Verstappen (Red Bull) menang dengan mulus, pembalap Belanda itu memimpin sejak lap pertama. Atas kemenangan tersebut ia mengkoleksi 25 poin, sementara Sergio Perez (Red Bull) mengambil P3 di kampung halamannya, sehingga total poin Red Bull Racing sekarang 477,5 poin di tempat kedua klasemen.

"Mercedes akhir pekan ini, terutama di kualifikasi, jadi kami tidak menerima begitu saja. Masih ada 107 poin yang tersedia, perjalanan masih panjang dan masih banyak balapan tersisa," ujar bos tim Red Bull, Christian Horner.

Sementara di tempat pertama masih ada Mercedes AMG Petronas. Mungkin balapan di Meksiko kemarin bukan hari baik bagi tim Jerman itu. Lewis Hamilton (Mercedes) tertinggal di tempat kedua dan menambah 18 poin.

Baca Juga : Menang Di Meksiko, Max Verstappen Jaga Keunggulan Klasemen Sementara Pembalap F1

Sementara Valtteri Bottas (Mercedes) hanya mendapat poin tunggal. Sebenarnya ia punya kesempatan tampil impresif. Pembalap Finlandia itu meraih start P1, dan mencatat rekor lap tercepat baru yakni 1:17,774 detik. Hanya saja nasib sial menghantuinya di belokan pertama saat mobilnya melintir terkena senggolan dari Daniel Ricciardo (McLaren) dan masalah di sistem rem ketika balapan memasuki lap 47. Setidaknya mereka masih berada di puncak dengan 478,5 poin, dan harus hati-hati di empat balapan terakhir.

“Bagi saya jelas cukup berkompromi dengan insiden tikungan pertama, kemudian saya terjebak di belakang mobil dan tidak bisa saya lewati. Itu benar-benar rumit dan juga saya cukup terbatas dengan suhu mesin dan rem, saya tidak bisa menyerang banyak berturut-turut, sehingga tidak bisa menemukan cara untuk maju,” jelas Bottas.

Duet Scuderia Ferrari, pun tampil konsisten di sirkuit Autódromo Hermanos Rodríguez. Charles Leclerc mendapat P5 dan berhak mendapat tambahan 10 poin. Sementara Carlos Sainz mengikuti finis P6, dan mengantongi 8 poin. Membuat Scuderia Ferrari naik ke rangking tiga dengan 268,5 poin mengungguli McLaren.

Lando Norris (McLaren) menjadi juru kunci 10 besar kemarin, ia juga menunjukkan kualitasnya sebagai pembalap, setelah start dari P18 dan finis P10. Sementara rekan setimnya Daniel Ricciardo (McLaren) gagal meraih poin di GP Meksiko usai insiden di lap pertama. Alhasil McLaren harus disalip oleh Ferrari dan menerima rangking keempat dengan 255 poin.

Pembalap AlphaTauri Pierre Gasly (AlphaTauri) juga tampil mengesankan, ia berhasil mempersembahkan poin perdana untuk AlphaTauri setelah finis P4, karena Yuki Tsunoda harus tersingkir di lap awal. Dengan begini poin AlphaTauri jadi sama seperti Alpine yakni 106 poin.

Baca Juga : Hasil F1 Meksiko 2021, Red Bull Racing Double Podium Lagi

“Saya sangat senang, Ini merupakan akhir pekan yang fantastis. Kelima di kualifikasi dan keempat dalam balapan. Semuanya terkendali dengan Charles Leclerc di belakang dan saya bisa mengontrol diri dengan baik, hari yang fantastis,” ujar Gasly.

Mantan juara dunia Fernando Alonso (Alpine) juga masih menunjukkan bahwa ia masih layak bersaing, terbukti dengan finis kesembilan, dari start P12. Tambahan dua poin membuat total poin Alpine jadi 106 poin.

Sebastian Vettel (Aston Martin) menghadiahi tim dengan memberikan tambahan enam poin, sehingga totalnya sekarang 68 poin di urutan ke tujuh klasemen. Lalu Williams tidak mendapat poin kemarin sehingga poin mereka tetap 23 poin. Alfa Romeo mendapat total 11 poin setelah Kimi Raikkonen finis kedelapan, serta Haas masih betah tanpa poin sampai sekarang.