Upgrade Lampu Motor, Pilih HID Atau LED?

Upgrade Lampu Motor, Pilih HID atau LED?

KabarOto.com – Tren penggunaan lampu HID dan LED semakin besar. Banyak pengguna kendaraan bermotor memutuskan mengganti lampu standarnya dengan kedua jenis lampu tersebut.

Saat ini, lampu tipe Light Emitting Diode (LED) sudah banyak digunakan di beragam jenis motor keluaran terbaru. Nah, untuk pengguna motor keluaran lama atau yang masih pakai halogen tentu bisa pakai LED biar kekinian. Kalau tidak mau pakai LED, bisa juga upgrade lampu bawaan pakai Xenon atau High Intensity Discharge (HID).

Lantas, lebih baik mana antara lampu HID atau LED? Kali ini Tim KabarOto bersama Hendry selaku pemilik Chudax Biker Shop memberikan tips untuk anda, agar tidak tidak bingung memilih untuk upgrade.

Baca juga: Bikin Lampu Model Smoke, Tampilan Jadi Keren

Lampu proyektor

Jadi menurut Hendry jika ingin upgrade itu sebenarnya tergantung kebutuhan penggunanya. “Tergantung kebutuhannya dari penggunanya, HID itu lebih terang intesitas cahayanya dibanding proyektor LED sejenisnya. Tetapi jika pengguna ingin yang lebih irit aki dan tahan lama ya lebih menang LED,” ungkapnya di workshop Chudax Biker Shop.

Biasanya para bikers itu upgrade proyektor LED menggunakan led proyektor dari Fortuner VRZ dan Pajero Sport dakar. Dan secara umur lebih panjang di banding HID, karena HID semakin panas atau semakin terang semakin menyusut dan membuat proyektor atau kaca lampu bisa cepat gosong.

“HID semakin terang, panas dan semakin tinggi watt-nya semakin cepat lampunya mati dan membuat proyektor cepat kebakar dan gosong. Kalau untuk workshop, kita kasih proyektor yang bagus jadi tahan panas,” ucap Hendry.

Baca juga: Adaptor Lampu Mobil Ini Cegah Kerusakan Dan Kebakaran

Lampu LED untuk upgrade biasa

Untuk Sobat ingin upgrade HID yang masih menggunakan sistem kelistrikan lama atau semi jaman dulu itu sekarang seperti Yamaha Nmax dan XMAX masih menggunakan kiprok.

“Nah untuk soal kelistrikan pastikan motor itu harus kuat apalagi motornya masih pakai kiprok, nah seperti kasus Nmax pasang dua HID ternyata tekor akinya, jadi kita sarankan pakai satu projector LED di tengah atau pakai kanan kiri proyektor LED agar lebih kuat dan irit aki. Nah, ada lagi nih salah satu penyebab aki tekor khususnya motor yang masih kiprok, jadi saat kita bawa riding konstan ini kan kelistrikannya normal, nah saat menghajar jalan berlubang itu bisa tiba-tiba drop,” tutup Hendry.

Nah, jadi bagaimana Sob sudah menentukan untuk upgrade ke LED atau HID? (Rizky Hidayat)