Urai Kepadatan Simpang Belanova, Simpang Susun Sentul Selatan Beroperasi Mulai 21 November

Urai Kepadatan Simpang Belanova, Simpang Susun Sentul Selatan Beroperasi Mulai 21 November

KabarOto.com - Kabar baik bagi pengguna Jalan Tol Jakarta - Bogor, Jasa Marga akan mengoperasikan Ramp 1 Junction/Simpang Susun Sentul Selatan pada Ruas Tol Jagorawi pada Sabtu (21/11) mulai pukul 06.00 WIB.

Hal ini dilakukan sesuai dengan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Nomor 1568/KPTS/M/2020 tanggal 6 November 2020 tentang Penetapan Pengoperasian Ramp 1 Junction Sentul Selatan pada Jalan Tol Jakarta – Bogor – Ciawi.

Baca Juga: Pertamina Aspal Sirkuit Sentul

Simpang Susun Sentul Selatan sudah dibangun sejak 2019 lalu dan memiliki total panjang 2.075 meter. Ruas ini telah memenuhi persyaratan uji laik fungsi dan operasi pada pertengah Oktober 2020.

Pembangunan Simpang Susun ini dilakukan demi mengurai kepadatan di Simpang Belanova. Selain itu, ruas ini juga bisa menjadi jalur alternatif bagi pengguna jalan yang menuju ke Bogor dari arah Jakarta, melalui Jalan Tol Bogor Ring Road (BORR).

Pembangunannya melintas di atas Jalan Tol Jagorawi, tepatnya km 37+000 diharapkan bisa memangkas waktu tempuh pengguna jalan yang menuju arah Bogor. Pasalnya, pengguna jalan bisa menghindari Simpang Belanova yang lalu lintasnya cukup sering padat.

Baca Juga: Perbaikan Jembatan Ruas Tol Jagorawi Dua Lajur Arah Jakarta Dan Bogor Ditutup

Sebelumnya pengguna jalan yang menuju Tol BORR harus melakukan dua kali transaksi, yaitu di Gerbang Tol (GT) Sentul Selasan Jalan Tol Jagorawi dan GT Sentul Barat Jalan Tol BORR. Kali ini pengendara hanya perlu melakukan satu kali transaksi di GT Sentul Barat.

Tarif yang berlaku di GT Sentul Barat dengan tarif terintegrasi Ruas Jagorawi dan Ruas BORR yaitu, sebagai berikut:
Golongan I Rp 17.000
Golongan II dan III Rp 26.500
Golongan IV dan V Rp 36.000