POPULAR STORIES

Usai Banjir, Segera Bersihkan Soket Sebelum Berkarat

Usai Banjir, Segera Bersihkan Soket Sebelum Berkarat Foto: Edo/KO

KabarOto.com - Sejak awal pekan hujan deras terus mengguyur beberapa wilayah di Indonesia. Pada (25/02) banjir kembali menghampiri Jakarta dan sekitarnya. Mengingat awal tahun 2020 banjir yang luas membuat perabotan hingga kendaraan tak dapat diselamatkan, begitu pun bencana yang kali ini menimpa.

Beberapa kendaraan yang terendam banjir tentunya akan memiliki beberapa masalah karena terkena air serta kotoran-kotoran. Apalagi kalau sepeda motor menerjang banjir, menurut Abby pemilik Proper Touch outlet detailing roda dua, sepeda motor yang terkena banjir saat parkir dan dipaksa menerjang akan memiliki akibat yang berbeda.

Baca Juga: Mewaspadai Beli Motor Bekas Terendam Banjir

Usai terkena banjir Abby menyarankan untuk segera membawa ke bengkel untuk pemeriksaan dan perbaikan mesin sebelum membersihkan bagian eksteriornya.

"Setelah terkena banjir, bawa dulu ke bengkel baru dibersihkan. Apalagi kalau motor skutik, ada CVT dan ada bagian-bagian tertentu yang bikin susah atau tidak bisa langsung on," jelas Abby.

Nah, Abby juga menyarankan untuk melakukan pembersihan secara komplit sampai bagian terdalam karena air banjir sangat kotor.

"Kalau disini bisa complete body detailing, karena air banjir efeknya bakal kotor ke soket-soket," jelasnya.

Perawatan complete body detailing dilakukan agar sepeda motor bersih hingga bagian terkecilnya. Sepeda motor akan dibongkar dan dibersihkan hingga soketnya, karena komponen ini merupakan bagian yang sangat berisiko setelah terendam air. Soket yang dibiarkan terkena air banjir bisa berkarat dan mempengaruhi kelistrikan.

Baca Juga: Musim Hujan Dan Banjir, Ini Harus Diperhatikan Pemilik Kendaraan Cat Putih

Setelah soket berhasil dibersihkan, masing-masing komponen juga akan diberi obat, setiap bagian memiliki obat yang berbeda.

Tak kalah penting, bodi sepeda motor juga akan dibersihkan dan di wax. Air banjir yang kotor jika didiamkan terlalu lama menempel akan membuat bodi kendaraan jadi berjamur.