POPULAR STORIES

Usai Dipakai Mudik Cek Sendiri Bagian Mobil Ini Tanpa Harus Ke Bengkel

Usai Dipakai Mudik Cek Sendiri Bagian Mobil Ini Tanpa Harus ke Bengkel

KabarOto.com - Setelah mobil digunakan untuk mudik, jangan lupa untuk mengecek beberapa bagian penting dari mobil. Tak perlu ke bengkel, bisa dilakukan sendiri dengan mudah. Namun jika terjadi sesuatu hal serius yang mengganggu kinerja mobil segera ke bengkel terdekat. Jika dibiarkan akan merembet ke bagian lainnya.

Namun sebelum Anda mengecek bagian-bagian mobil ada baiknya bagian luar dan dalam mobil dibersihkan terlebih dahulu, mulai dari bagasi sampai ruang mesin harus dibersihkan agar kondisinya segar kembali dan memudahkan dalam pengecekan. Berikut beberapa komponen mobil yang harus Anda periksa sendiri usai digunakan mudik.

Baca Juga: Auto2000 Ajak Konsumen Servis Pasca Mudik

Ban
Ban ini diibaratkan sebagai sepatu bagi manusia. Ban ini tugasnya sangat berat, mulai dari menopang berat mobil dan penumpangnya juga mengarahkan dan mengatur laju mobil. Tugas lainnya untuk meredam getaran terjadi di berbagai kondisi jalan.

Cek tekanan angin ban dan kondisi tapaknya. (Foto: Istimewa)

Anda harus melakukan cek ulang tekanan angin ban sesuai rekomendasi pabrikan. Cek juga kondisi fisik ban, mulai dari telapak ban hingga dinding ban. Ukur ketebalan telapak ban dan pastikan tidak ada cacat fisik di dinding ban. Perhatikan pula kondisi pelek dan jangan lupa untuk mengecek kondisi ban serep.

Oli Mesin
Nah kalau oli ini diibaratkan sebagai darah bagi mesin mobil. Pasca mudik segera lakukan pengecekan takaran oli mesin dengan dipstick. Kalau kurang segera ditambah, perhatikan juga apakah kondisi fisik oli tidak seperti biasanya, berubah menjadi warna coklat, keruh atau kental. Jika volume oli mesin berkurang banyak dan terjadi perubahan fisik, segera bawa mobil ke bengkel untuk diperiksa secara mendalam.

Kaki-kaki Mobil
Kaki-kaki mobil memiliki 4 komponen penting sekaligus yaitu sistem kemudi, suspensi, rem, dan penggerak roda. Semuanya bekerja secara simultan dan mendapatkan tekanan dari gaya mengemudi dan kondisi jalan. Semakin berat untuk mobil penggerak roda depan, karena semmua komponen terpusat di bagian depan. Periksa juga jika ada kebocoran pelumas, karet getas atau sobek. Lakukan spooring dan balancing untuk membuatnya fit kembali.

Air Aki harus dicek agar tetap maksimal. (Foto: Istimewa)

Cairan mobil
Perjalanan mudik yang berat pasti menyiksa mobil, dan bagian yang terkena imbas lebih dulu biasanya cairan mobil ditandai dengan penguapan. Lakukan pengecekkan cairan mobil seperti air radiator, air aki basah, minyak rem, minyak kopling manual, freon AC, oli transmisi otomatis, sampai air wiper. Jika berkurang, tambahkan sesuai takaran dan periksa apakah ada kebocoran atau kerusakan lainnya.

Baca Juga: Ini Layanan Auto2000 Untuk Pemilik Toyota Sepanjang Musim Mudik 2019

Ricky Martawijaya, Senior Division Head Auto2000 menatakan, untuk pengguna Toyota dia menyarankan untuk membawa ke bengkel Auto2000 untuk memastikan mobil Anda tetap dalam kondisi prima.