POPULAR STORIES

Valvoline Luncurkan 2 Jenis Radiator Coolant Terbaru, Apa Kelebihannya?

Valvoline Luncurkan 2 Jenis Radiator Coolant Terbaru, Apa Kelebihannya? Valvoline

KabarOto.com - Valvoline memperkenalkan dua produk pendingin radiator (radiator coolant), yaitu Valvoline Long Life Coolant dan All Weather Coolant. Kedua pendingin radiator yang dihadirkan Valvoline klaimnya merupakan produk RTU (ready to use), yang dilengkapi dengan tekonologi Organic Acid Technology (OAT), non-silikat, non-amina, non-nitrit, dan non-borat.

Cairan tersebut klaimnya juga telah memenuhi spesifikasi Light Duty coolant ASTM 3306. “Long Life Coolant dapat memberikan proteksi hingga lima tahun atau 250 ribu km, sedangkan All Weather Coolant dapat memberikan proteksi hingga tiga tahun atau 150 ribu km,” kata Shehan Perera selaku Country Manager PT Valvoline Lubricants and Chemicals Indonesia.

Baca juga: Benarkah Pemilihan Radiator Coolant Berpengaruh Terhadap Usia Mesin?

Pihaknya mengatakan, pada dasarnya air tanah banyak mengandung magnesium, kalsium, dan logam lainnya yang dapat bereaksi membentuk karat dan korosi jika bertemu dengan besi atau aluminium.

Ditujukan bagi tipe kendaraan ringan atau passanger car, produk coolant Valvoline klaimnya memiliki kemampuan mentransfer panas dari mesin, mencegah pendidihan dan pembekuan, serta mampu melubrikasi pompa radiator dan kompatibel dengan berbagai logam dan karet atau seal.

Baca juga: Pakai Radiator Coolant Atau Air? Ini Penjelasannya

Kinerja dari Valvoline Long Life Coolant dan All Weather Coolant juga didukung oleh tiga komponen utama yang mampu memberikan proteksi ekstra kepada radiator kendaraan, yaitu air demineralisasi atau air yang sudah dihilangkan kandungan mineralnya.

Hal tersebut seperti gycol, zat kimia untuk meningkatkan titik didih dan menurunkan titik beku, serta zat kimia tambahan lain seperti corrosion inhibitor. “Titik didih air mineral (minuman) ± 100?C. Radiator coolant harus mempunyai titik didih diatas air. Di sinilah fungsi Glycol di dalam cairan coolant. Long Life Coolant mengandung Ethylene Glycol 50% sedangkan All Weather Coolant mengandung 30% EG. Titik didih coolant dengan 50% EG dapat mencapai 128?C,” tutup Shehan Perera.