POPULAR STORIES

Vespa World Days 2024 Digelar Akhir Pekan Ini Di Pontedera Italia, Intip Agendanya

Vespa World Days 2024 Digelar Akhir Pekan Ini di Pontedera Italia, Intip Agendanya Vespa World Days 2024 Digelar Akhir Pekan Ini di Pontedera Italia, Intip Agendanya (Piaggio)

KabarOto.com - Penyelenggaraan acara tahunan 'Lebaran' pecinta skuter dari seluruh dunia, para animo siap menyerbu venue yang berlokasi di Pontedera, Pisa, Italia, pihak panitia mengatakan semua telah siap menyambut Vespa World Days 2024.

Untuk pertama kalinya, rangkaian acara Vespa paling spektakuler di dunia akan berlangsung di Pontedera, kota asal sekaligus lokasi fasilitas manufaktur Vespa sejak 1946. Acara ini akan menjadi salah satu yang termegah dalam 70 tahun sejarah parade yang pertama kali berlangsung pada 1954 di Paris, Prancis.

Para penggemar diperkirakan akan datang dari berbagai negara, mewakili ribuan Vespa Club. Sekitar 660 klub berasal dari Italia saja, sedangkan partisipan lainnya berasal dari Australia, Kanada, Jepang, Amerika Serikat, Arab Saudi, Vietnam, Filipina, Tiongkok, Pakistan, Argentina, Cile, Kolombia, Ekuador, Hongkong, Indonesia, Kuwait, Maroko, dan seluruh negara di Eropa.

8 Ribu tiket Vespa World Days 2024 terjual

Baca Juga: Ternyata, Begini Cara Agar Suatu Negara Bisa Jadi Tuan Rumah Vespa World Days

Sebanyak 8 ribu lebih tiket yang tersedia untuk parade pada Sabtu, 20 April 2024, acara ini, yang akan melewati berbagai tempat terindah di Valdera, dan diklaim terjual habis. Parade ini menjanjikan pemandangan yang membentang sepanjang lebih dari 10 kilometer, unit-unit Vespa yang telah terdaftar akan bergabung dengan ribuan Vespa lainnya, yang banyak diantaranya sudah dalam perjalanan ke Tuscany.

Selama Vespa World Days 2024, Piaggio Museum di Pontedera akan merayakan 140 tahun Piaggio yang berdiri pada 1884 dengan pameran akbar bertajuk “Vespa all over the World” yang dipenuhi material orisinal dari Piaggio Historical Archive.

Pameran ini akan menyajikan kisah Vespa dalam menjangkau berbagai penjuru dunia, termasuk sejarah awal dari terkenalnya Vespa di dunia internasional di akhir 1940-an hingga 1960-an.

Area auditorium pada museum ini juga akan menjadi tempat Meet & Greet bagi para penggemar Vespa untuk menyimak sejarah dan asal-usul Vespa langsung dari pihak-pihak yang berperan dalam mendesain dan memproduksinya.

Pabrik Piaggio yang teramat modern di mana Vespa lahir juga akan dibuka untuk umum pada Sabtu, 20 April, dan Minggu, 21 April, dengan tak kurang dari 128 tur khusus menggunakan kereta listrik yang nyaman tersedia bagi para penggemar Vespa yang telah mendaftar pada kegiatan ini.

Selama empat hari berlangsungnya acara, Vespa Village di Piazza del Mercato di Pontedera akan menjadi pusat dari seluruh aktivitas. Di sini, para pengunjung dapat menemukan area kuliner serta berbagai ekshibisi, termasuk pameran resmi Vespa yang memamerkan seluruh jajaran produk dan toko merchandise. Para Vespisti dan pengunjung pun dapat berkumpul, khususnya di hari Sabtu dan Minggu saat Vespa Rally akan dimulai. Vespa Village turut menyediakan area khusus untuk dukungan teknis dan toko suku cadang resmi.

Angkat nilai sejarah

Baca Juga: Fakta Menarik, Vespa World Days (VWD) Indonesia Sukses Pecahkan 3 Rekor

Selain itu, akan ada juga test ride serta penyerahan 250 sertifikat keaslian edisi terbatas untuk acara ini. Tak lupa, turut berlangsung Concorso di Eleganza pada hari Sabtu, salah satu acara yang paling ditunggu-tunggu di Vespa World Days. Sementara itu, pada Minggu, 21 April, Vespa Village juga akan menyerahkan hadiah bagi para pemenang Vespa Trophy, para anggota Vespa Club ditantang untuk bertanding dalam mengabadikan semua tahapan perjalanan mereka ke Pontedera dengan foto dan perangko khusus yang disusun di dalam Travel Book.

Selama rangkaian acara berlangsung, Vespa Boutique juga akan buka di Piazza Martiri della Libertà di pusat kota yang menjual lini pakaian baru nan eksklusif dari Vespa capsule collection.

Seluruh penjuru Pontedera dan tiap sudut kotanya yang paling menawan pun akan hadir sebagai arena akbar bagi para pengunjung untuk menikmati berbagai acara dan perayaan Vespa, mulai dari pameran fotografi dan seni hingga festival film. Adapun tiga dari ratusan film yang melibatkan Vespa akan tayang terus-menerus, yakni film Disney-Pixar Luca, Roman Holiday yang legendaris, dan drama TV Enrico Piaggio, an Italian dream.