POPULAR STORIES

Video Mobil HUV Hasil Kolaborasi NamX Dan Pininfarina

Video Mobil HUV Hasil Kolaborasi NamX dan Pininfarina Foto: KabarOto

KabarOto.com - Kendaraan masa depan berbasis bahan bakar non fosil sudah mulai banyak tampil, baik itu model produksi maupun konsep. Kini hadir kendaraan Hindrogen Utility Vehicle (HUV) hasil kolaborasi NamX dan Pininfarina yang akan hadir pada 2026.

Litium tidak cukup untuk revolusi EV, dan mobil hidrogen sulit dijual karena Anda tidak dapat mengisinya di mana pun. Tapi NamX memiliki solusi yang rapi, dan Pininfarina telah merancang HUV untuk mewujudkan ide tersebut pada akhir 2025 atau awal 2026.

Baca juga: Mobil Konsep Bertenaga Hidrogen Pininfarina Dan NamX

Saat ini lebih banyak akan kehadiran kendaraan listrik ketimbang hidrogen, mudah penggunaan karena tinggal melakukan charger untuk mengisi baterai lithium dengan infrastruktur yang sudah siap di setiap negara. Sementara hidrogen belum ada persiapan.

Hidrogen akan menghadirkan solusi tanpa emisi juga lithium, kehadiran mobil hidrogen yang efektif bisa saja memperlambat revolusi mobil listrik saat ini.

NamX berkolaborasi dengan Pininfarina. Secara efektif, kedua perusahaan telah mengembangkan kendaraan HUV yang tampak sangat rapi berbahan bakar kartrid hidrogen yang dapat dilepas. Jika Anda tidak dapat menemukan stasiun hidrogen, NamX akan mengirimkan kartrid kepada Anda di rumah, atau di mana pun Anda membutuhkannya. Dan perusahaan mengatakan Anda akan dapat menggunakannya untuk memberi daya pada perangkat lain juga, pada waktunya.

Baca juga: Daimler Truck Hadirkan Truk GenH2 Berbahan Bakar Hidrogen

Setiap kartrid, saat penuh, menampung cukup hidrogen untuk memberi Anda jarak berkendara sekitar 150 km. HUV menampung 6 katrid, dengan jangkauan total 800 km. Pininfarina telah mendesain mobil ini dari belakang ke depan, menjadikan hal-hal ini sebagai sorotan visual absolut dari mobil dalam slot lampu neon hijau di balik penutup transparan di atas bumper belakang.

Dari segi kinerja, mesin ini akan lincah. Model dasar mulai sekitar US$68.200 (Rp 1,063 miliar) dengan penggerak roda belakang yang mampu menghasilkan 300 dk, kecepatan tertinggi terbatas 200kpj, dan akselerasi 0-100 kpj sekitar 6,5 detik.

Versi GTH meningkatkannya menjadi penggerak semua roda memiliki tenaga maksimal 500 dk, kecepatan maksimal 250 kpj dan akselerasi 0-100 kpj sekitar 4,5 detik. Mobil ini akan dibanderol sekitar US$99.600 (Rp 1,557 miliar).