POPULAR STORIES

Viral Pemotor Di Probolinggo Ramai-Ramai Copot Pelat Nomor, Ini Respons Korlantas

Viral Pemotor di Probolinggo Ramai-Ramai Copot Pelat Nomor, Ini Respons Korlantas Ilustrasi pelat nomor kendaraan. (Foto: mitsubishi-motors.co.id)

KabarOto.com - Media sosial sosial tengah dibuat geger dengan sikap pengendara roda doa yang mencopot pelat nomor kendaraannya untuk menghindari kamera tilang elektronik atau ETLE. Video itu diduga terjadi di Probolinggo, Jawa Timur (Jatim).

Polri bakal menggunakan fitur pengenal wajah atau face recognition untuk menilang para pengendara tanpa pelat.

Baca Juga: Perhatikan, Ini Ruas Tol Yang Dipasang Kamera ETLE

“Untuk tanpa pelat, kita juga tetap bisa mendapatkan data pengendara dengan fitur pengenalan wajah (FR) dari inafis maupun dukcapil,” ujar Dirgakkum Korlantas Polri Brigjen Aan Suhanan dalam keterangannya, Jumat (4/11).

Temuan itu juga akan diteruskan ke satuan kerja (satker) yang berkaitan dengan pencarian data pribadi terkait. Pengendara yang tidak menggunakan pelat atau memakai pelat nomor palsu akan masuk ke bidang manajemen penelitian khusus di ETLE nasional.

Ilustrasi polisi melakukan penilangan (NTMC Polri)

“Lokasi perlintasan kendaraan-kendaraan pelat palsu ini akan menjadi target pada operasi-operasi lalu lintas,” jelas Aan Suhanan.

Sebelumnya, sejumlah pemotor di Probolinggo mencopot pelat nomornya demi menghindari kamera tilang elektronik atau ETLE. Salah satunya adalah Arif Maulana Rosyadi (24).

Baca juga: Polri Akan Tambah Kamera ETLE Di 14 Polda

Warga Kota Probolinggo yang tidak memakai helm dan pelat nomornya dilepas ini akhirnya diberhentikan oleh petugas. Dia mengaku mencopot pelat nomor supaya motornya tidak terekam kamera e-TLE.

"Saya berjanji tidak akan melanggar kembali dan tertib berlalu lintas sesuai yang saya tulis dalam surat teguran tertulis,” kata Arif kepada petugas Satlantas Polres Probolinggo Kota.