POPULAR STORIES

Virtual Expo Dinilai Efektif, Toyota Bisa Jual Sampai 600an Mobil

Virtual Expo Dinilai Efektif, Toyota Bisa Jual Sampai 600an Mobil Peluncuran Toyota Agya saat awal Pandemik Covid-19

KabarOto.com - Pandemik Covid-19 memberikan dampak di semua sektor, termasuk otomotif. Penjualan PT Toyota Astra Motor (TAM) saat awal Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) menurun drastis, tepatnya di bulan April samai Mei 2020.

Anton Jimi Suwandi, Direktur Marketing PT TAM mengatakan, bahwa saat kondisi normal, Toyota bisa menjual 20-30 ribu per bulan. Namun selama dua bulan itu, mereka hanya menjual belasan ribua saja. "Di awal April sampai Mei berat, tapi saat ini sudah mengalami perbaikan," terangnya saat webminar (22/09).

Baca Juga: Jajaran Kendaraan Hybrid Toyota Bakal Mejeng Di Auto2000 Virtual Weekend Sales

Juni, Juli sampai Agustus penjualan mencapai 11 ribu unit, dan September ini dia berharap bisa naik lagi. "Whole sales mudah-mudahan bisa naik lagi, bisa di atas 10 ribu," tambahnya. Saat ini, produksi sudah mengalami peningkatan, Anton berharap tantangan ini bisa dijalankan dengan baik, agar market kembali seperti sebelum Covid-19.

Cara penjualan pun dilakukan berbeda dari kondisi normal. Biasanya pameran otomotif dan mall atau pusat perbelanjaan menjadi ajang jualan diler. Namun, karena PSBB yang mengharuskan event-event ditunda, cara digital pun dilakukan. Selain melalui sosial media, virtual expo diyakini TAM menjadi cara penjualan terbaik saat ini. "Virtual expo ini sangat potensial," terangnya.

Hasilya terlihat, saat Juli lalu TAM menggelar virtual expo yang melibatkan semua diler di Indonesia, menghasilkan 250 SPK. "Padahal itu cuma 2 sampai 3 hari acara, sangat baus dibanding pameran biasa," tambah Anton.

Pada Agustus lalu, mereka juga menggelar autofest yang melibatkan seluruh diler nasional. Mereka mendapatkan SPK 660 unit. "Ini sangat baik, dimana 11 ribuan yang ikut kami mendapatkan 660 unit hanya beberap hari," tambahnya.

Baca Juga: Kinto One Menjadi Solusi Penggunaan Mobil Tanpa Repot

Digitalisasi saat ini menjadi kunci penjualan, bukan hanya otomotif tapi semua sektor untuk menarik konsumen saat Pandemik di rumah saja. "Ini menarik dan akan terus kami pelajari dan kembangkan," terangnya.