POPULAR STORIES

Virus Corona Meluas, Polda Metro Jaya Siapkan Skenario Larangan Mudik 2020

Virus Corona Meluas, Polda Metro Jaya Siapkan Skenario Larangan Mudik 2020

KabarOto.com - Bulan Ramadhan sudah kurang dari satu bulan, budaya mudik ke kampung halaman menjadi hal yang ditunggu-tunggu. Namun, mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia membuat masyarakat diimbau agar tidak berkumpul.

Kebijakan tersebut didukung oleh Ditlantas Polda Metro Jaya sebagai salah satu langkah pencegah penyebaran Covid-19.

Baca Juga: Ini Simulasi Penutupan Akses Jalan Jakarta-Bogor

"Kami siap mengamankan dan mendukung kebijakan pemerintah baik melarang atau memperbolehkan mudik," Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo Dirlantas Polda Metro Jaya.

Dirlantas Polda Metro Jaya tersebut bahkan mengaku sudah memiliki sejumlah skenario apabila wacana pelarangan mudik 2020 benar diberlakukan. Salah satu skenarionya yaitu imbauan agar masyarakat tidak mudik, artinya masyarakat harus tetap tinggal di rumah.

Skenario lainnya, warga Jakarta dilarang meninggalkan DKI Jakarta saat musim arus mudik Lebaran. Pasalnya, episentrum Covid-19 berada di wilayah Ibu Kota, sehingga potensi menyebarkan wabah ini semakin meluas ke daerah lain semakin besar.

Baca Juga: Bogor Siap-siap Lockdown, Ini Rekayasa Lalu Lintas

"Untuk itu ada skenario bahwa penduduk Jakarta dilarang mudik tapi apapun itu kita masih menunggu keputusan pemerintah," Dirlantas Polda Metro Jaya.

Terkait arus mudik, Dirlantas juga sudah melakukan pemetaan terkait titik-titik rawan selama musim mudik. Lokasi rawan berada di perbatasan jalan arteri, jalan tol, dan titik pemberangkatan seperti stasiun, pelabuhan, terminal serta bandara.