POPULAR STORIES

Virus Corona Turunkan Penghasilan Ojek Online

Virus Corona Turunkan Penghasilan Ojek Online

KabarOto.com - Ojek online merupakan profesi yang paling banyak dirugikan saat virus Corona atau Covid-19 menyebar di Indonesia. Betapa tidak, di saat virus yang sangat mudah menyebar ini berkeliaran di tempat-tempat yang tak terlihat, mereka justru mengangkut penumpang yang belum tahu apakah terpapar virus Corona atau tidak.

Selain itu, saat pemerintah menganjurkan untuk bekerja dan belajar di rumah, ojek online atau ojol ini sulit mendapatkan orderan seperti hari biasanya, penghasilan mereka pun berkurang.

Baca Juga: Gojek Beri Bantuan Kepada Mitra Yang Positif Terkena Covid-19

Seperti yang dikeluhkan oleh Yudi Atmadja, driver Gojek ini mengaku dalam waktu 12 jam hanya mendapatkan dua kali penumpang. "Sehari keluar dari habis subuh hanya dua penumpang, mentok tiga sisanya menunggu," terangnya.

Makanan yang menjadi andalan di saat semua orang libur pun hanya mendapatkan satu dalam sehari. "Paling satu sehari, karena kan banyak bangat yang tidak dapet orderan, jadi sambil nunggu dapat makanan," tambahnya lagi.

Hal senada juga dikatakan oleh Willi. Pengemudi Grab ini juga pendapatannya berkurang imbas dari Corona. "Ya bang, itu banyak ngopinya sama ngerokok, tarikan paling banyak tiga penumpang, sepi banget, main kirom makanan juga kan perlu modal," tambahnya.

Pengemudi ojek online menunggu orderan

Sementara itu, di tengah sepinya penumpang ojek online, MPR melalui Ketuanya membagikan masker dan perlengkapan kesehatan, untuk mencegah menularnya virus Corona ke pengemudi ojek online.

Bambang Soesatyo selaku Ketua MPR menilai, para driver ojek online harus tetap berada di jalanan, untuk mencari nafkah bagi keluarganya juga sebagai garda terdepan dalam memenuhi berbagai kebutuan masyarakat melalui online service.

"Berbeda dengan pegawai kantoran yang bisa bekerja dari rumah (work from home), mereka bekerja di jalan penuh resiko, membantu kita yang bekerja di rumah mengantar dokumen atau memesan makanan," tambahnya lagi.

Pembagian masker di MPR kepada ojek online

Baca Juga: Dukung #dirumahaja Gojek Pastikan Pesan Makanan Bebas Dari Virus Corona

Untuk itu, MPR dan Motor Besar Indonesia beserta pihak terkait membagikan masker, hand sanitizer, sarung tangan dan ramuan tradisional untuk menjaga mereka dari virus Corona.