Virus Motor Matic 2-Tak Mulai Ramai Di Indonesia !

Virus Motor Matic 2-Tak Mulai Ramai di Indonesia ! Foto: Kipli

KabarOto.com - Jika Sobat Kabaroto sempat mengalami masa remaja di awal era 2000-an, pastinya tak asing dengan motor-motor 2-tak produksi negeri Cina bertransmisi otomatis. Ya, motor tersebut memang lazim ditemui sebagai alat transportasi yang praktis untuk mobilitas ke jarak yang relatif dekat.

Alih-alih dipakai emak-emak pergi ke pasar, sekarang, motor jenis tersebut malah masuk daftar collector's item atau barang incaran para pecinta otomotif. Bagaimana tidak, untuk restorasi atau modifikasi racing saja, ada yang berani merogoh kocek puluhan juta, wow !

"Ya, ada yang minta dibuatkan motor balap berbasis motor 2-tak matic ini, dan ketika saya bilang harus siapkan budget paling tidak Rp50 jutaan, sang owner menyanggupi," buka Jacky pemilik bengkel di kawasan Mencong Peninggilan Parung Serab, Ciledug, Tangerang saat diwawancarai Kabaroto di bilangan Jakarta Selatan (23/3/2019).

Ragil, pemilik bengkel Jagakarsa Garage juga mengamini pernyataan tersebut sambil menambahkan, "bahkan kabarnya ada yang 'menimbun' Honda Dio sebanyak puluhan unit di daerah Jakarta Selatan, sampai sekarang masih jadi tanda tanya kemana saja distribusinya," imbuhnya.

Baca Juga: Italjet Dragster Bakal Hadir Lagi Di Indonesia Nih

Memang banyak sekali jenis motor ini yang tak terlalu familiar bagi telinga pecinta otomotif, seperti Sanex Hussar, Venus, Qinqy Babymatic, sampai yang punya ternaga beringas racikan Aprilia yakni Italjet Dragster.

"Sekarang lumayan banyak yang jual di online shop atau forum, biasanya untuk kondisi bahan dijual Rp6-18 jutaan, ya itu sebagian kecil saja karena harganya sekarang 'gelap', tergantung maunya si penjual," ujar Ipang pemilik bengkel di kawasan Cipadu Jl. Nawi No.2 RT 3/ RW 8, Ciledug, Tangerang.

Ipang kembali menambahkan, untuk masalah spare parts tak begitu sulit didapat, "bangsa ini kreatif, serba bisa, biasanya kita kanibal dan cocokkan partsnya. Misalnya seher (piston) bisa pakai punya Yamaha F1ZR, pengapian Yamaha YZ, knalpot juga bisa custom dan pesan," ujarnya.

"Kita enggak pusing sih, selama masih ada tukang bubut buka, selama itu juga kita bisa berkreasi, mau pakai cylinder block dan cylinder head 'gado-gado' (mesin frankenstein) juga bisa, lagipula sistem mekanikal 2-tak relatif simpel, hehe," tutup Ragil.

Berikut alamat bengkel 'rumahan'/ private yang biasa menangani motor-motor tersebut:

1. Jl. Limo Gg. Perintis No.13A, Depok, Jawa Barat (Bee)
2. Jl. Nurul Ihsan 1, Cipedak, Jagakarsa, Jakarta Selatan (Ragil)
3. Jl. Mencong Peninggilan Parung Serab, Ciledug, Tangerang (Jacky)
4. Jl. Cipadu Larangan Jl. Nawi No.2 RT 3/ RW 8, Ciledug, Tangerang (Ipang)