POPULAR STORIES

Volkswagen Gen Travel Concept, Bisa Tidur Selama Perjalanan

Volkswagen Gen Travel Concept, Bisa Tidur Selama Perjalanan Foto: Netcarshow

KabarOto.com - Kendaraan konsep futuristik Volkswagen Gen Travel Concept, melakukan debutnya di festival Chantilly Arts & Elegance, Paris, Prancis. Kendaraan otonom konsep ini, menghadirkan kabin yang sepenuhnya dapat dikonfigurasi ulang yang mengubah kursi menjadi tempat tidur.

Volkswagen menyajikan studi desain inovatif yang mendefinisikan kembali mobilitas jarak jauh di masa depan. Innovation Experience Vehicle (IEV) bertenaga listrik adalah prototipe nyata yang mengemudi secara otonom (Level 5) dan memberikan pandangan realistis untuk mobilitas dekade mendatang.

Baca juga: Volkswagen Golf R Racikan Oettinger Semakin Agresif

Mobil listrik konsep otonom, hasil studi pihak Volkswagen

Dengan Gen Travel Concept, Volkswagen telah mengembangkan studi ikonik yang dikemas dengan inovasi yang merupakan kategori kendaraan yang benar-benar baru dalam portofolio premium antara sedan dan MPV (Multi Purpose Vehicle).

Mobil konsep bertenaga listrik ini mengajak mengemudi secara otonom dan mengubah pengemudi menjadi penumpang santai yang memiliki waktu untuk hal lain, yakni bekerja bahkan bersantai dengan keluarga.

Tempat duduk Gen Travel Concept dapat diposisikan ulang. Ada "pengaturan konferensi" dengan empat kursi dan meja besar di tengah, pihak Volkswagen mengatakan menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan sekaligus membantu meringankan mabuk perjalanan. Tidak ada alasan untuk tidak menyelesaikan presentasi, selama perjalanan dengan mobil ini.

Konfigurasi dalam pengaturan semalam memungkinkan konversi dua kursi menjadi dua tempat tidur yang dapat dilipat ke posisi datar penuh.

Bisa bersantai bahkan tidur, kursi dapat menyesuaikan kebutuhan pengendara

Sistem pencahayaan Gen Travel Concept membantu penumpang tertidur dan bangun secara alami. Untuk perjalanan keluarga, Gen Travel Concept dengan kursi depan dapat dikonfigurasi untuk menghibur anak-anak menggunakan augmented reality (AR). Interiornya ringan, dengan desain alami. Semua elemen HMI (human-machine interface) diproduksi menggunakan bahan yang berkelanjutan, dikombinasikan dengan bahan daur ulang atau alami.

Baca juga: Volkswagen ID Aero, Sedan Listrik Terbaru Dengan Jarak Tempuh 620 Km

Klaus Zyciora selaku Kepala Desain Grup Volkswagen, menjelaskan bahwa Gen Travel Concept menawarkan kepada kita sekilas perjalanan masa depan. Ini menunjukkan kepada kita seperti apa mengemudi otonom di masa depan. Gen Travel Concept mewujudkan desain visioner dari masa depan. besok untuk mobilitas masa depan. Pembentukan yang efisien mencirikan desain yang sangat khas.

"Jadi, di zaman kesempurnaan teknis dan kemungkinan yang hampir tak terbatas, 'bentuk mengikuti fungsi' menjadi 'bentuk mengikuti kebebasan'. Mobil tidak hanya akan menjadi lebih baik, tetapi juga lebih seru dari sebelumnya," tegas Klaus Zyciora.

Dilengkapi dengan suspensi aktif eABC

Eksterior Gen Travel Concept yang futuristik dibagi menjadi dua bagian, yakni kabin kaca transparan menyatu dengan sempurna ke bagian bawah, menampung semua fitur teknis. Tepi jendela setinggi pinggang, memaksimalkan pemandangan luar. Pada saat yang sama, ketika penumpang berbaring telentang di dalam mobil, mereka tidak mengalami pengaruh dari luar. Pintu sayap Gen Travel Concept memfasilitasi masuk dan keluar yang lebih baik.

Untuk kenyamanan maksimal, Gen Travel Concept memiliki suspensi aktif eABC (electric Active Body Control) yang menghitung pergerakan vertikal dan lateral seperti akselerasi, pengereman, atau menikung sebelumnya, dan mengoptimalkan gaya berkendara dan lintasan yang sesuai. Kecerdasan buatan (AI) dan peleton membantu mengemudi sepenuhnya secara otonom, juga digunakan untuk lebih meningkatkan jangkauan perjalanan jarak jauh.