Volkswagen Golf Mk8 Sudah Merapat Di Malaysia, Indonesia Kapan?

Volkswagen Golf Mk8 Sudah Merapat di Malaysia, Indonesia Kapan?

KabarOto.com – Volkswagen Golf Mk8 menarik perhatian di kelas mobil hatchback, tidak banyak pesaing di kelas tersebut, paling mendekati mungkin hanya Honda Civic Hatchback RS.

Di Malaysia Golf Mk8 sudah hadir dalam tiga pilihan model yakni R-Line, GTI dan kasta tertingginya R. Perbedaannya tentu di tampilan eksterior maupun performanya.

Tampilan eksterior dari R-line dan GTI cukup mirip baik dari bumper hanya saja GTI punya detil garis merah dari gril ke head lamp sebagai ciri khasnya, serta logo GTi di bagian gril. Difusser belakang GTi juga menggunakan bahan semacam plastik warna dof dengan dual muffer bulat. Sementara R-Line finishing hitam glossy dan dihiasi muffler tip quad output lebih manis.

Baca juga: Volkswagen Tawarkan Perlengkapan Berkemah Seharga Rp64 Jutaan

Lalu paling beda ialah tipe R, karena lekukan bumper R lebih agresif dengan finishing kisi-kisi berwana hitam glossy, serta grill dihiasi strip warna biru menyatu ke headlamp. Sisi samping, juga side skirt berbeda membuat tampilannya lebih pada dari samping, serta diffusernya memiliki empat bilah besar dan output quad pipe asli.

Pembeda lainnya adalah pelek, R-Line memakai pelek model palang kipas finishing abu-abu ukuran 17 inci dibalut Bridgestone Turanza T005 untuk kenyamanan ukuran 225/45. Lalu GTI lebih besar yakni 18 indi model palang lima kipas juga finishing black glosy, dibalut ban Bridgestone Potenza S005 ukuran 225/40.

R-Line (atas) dan GTI (bawah)

Jantung pacu R-Line dibekali mesin 4 silinder DOHC 1.400 cc TSI, sanggup memuntahkan tenaga 150 dk dan torsi 250 Nm. Tidak lagi menggunakan transmisi DSG, sekarang adalah torque converter delapan percepatan otomatis dari Aisin, menggerakkan roda depan dengan akselerasi dari diam ke 100 kpj hanya 8,5 detik.

Baca juga: Volkswagen Rilis Teaser Calon Mobil Cepat, Meluncur Bulan Februari

Untuk GTI, didukung oleh mesin EA888 4 silinder DOHC Turbo berkapasitas 2.000 cc, menghasilkan 245 dk dan torsi 370 Nm. Dikawinkan dengan transmisi kopling basah tujuh kecepatan DSG memberi daya pada roda depan. Akselerasi dari 0-100 kpj tuntas dalam 6,4 detik.

Sementara R adalah paling buas, berbekal EA888 4 silinder DOHC Turbo berkapasitas 2.000 cc dengan tenaga lebih besar yakni 320 dk dan torsi 420 Nm, transmisi kopling ganda DSG tujuh kecepatan dan 4Motion AWD (penggerak empat roda). Hasilnya akselerasi 0-100 kpj tuntas hanya 4,7 detik, serta kecepatan tertinggi dibatasi 250 kpj.

Soal harga R-Line bakal dibanderol sekitar Rp 570 jutaan, lalu GTI sekitar Rp 700 jutaan, sementara R dilabeli Rp 1,2 miliar. Untuk R-Line dan GTI akan dibuat CKD, lalu R masuk Malaysia secara CBU.