POPULAR STORIES

Volkswagen ID.4, Perpaduan Mobil Andalan

Volkswagen ID.4, Perpaduan Mobil Andalan

KabarOto.com - Volkswagen of America, Inc. sudah membuka pesanan untuk Sport Utility Vehicle (SUV) listrik terbaru Volkswagen ID.4. Sedianya akan diperkenalkan di 50 negara bagian pada awal tahun 2021.

Adapun SUV compact ini menawarkan berbagai kemampuan yang belum disuguhkan manufaktur lainnya. Mulai dari jarak tempuh 402 km untuk ID.4 1st Edition.

Baca juga: M Performance Parts Hadir Untuk BMW M3 dan M4 Coupe



Pilihan pertama kepada konsumen ada sistem gerak roda belakang dengan performa 201 dk dan torsi 309 Nm. Sedangkan sistem gerak empat roda menyusul, bertenaga 302 dk. Sama-sama gunakan baterai 82 kWh.

Bagi para peminat pertama, akan disodorkan tiga tahun pengisian baterai gratis di Electrify America. Menebus per unit ID.4 Pro di angka $39.995 atau setara Rp 595,6 juta.



Teknologi bantuan pengendara seperti DRIVE® dan sistem infotainment pintar gunakan perintah suara dan sentuhan.

ID.4 dirancang, dikemas dan dibanderol mampu memikat hari para penggemar SUV yang siap beralih ke kendaraan listrik. "Pastinya akan jatuh cinta lagi dengan Volkswagen," ujar Scott Keogh, CEO, Volkswagen Group of America.

Dirinya menegaskan, "Dikendarai seperti GTI, punya kelengkapan seperti Tiguan dan ringkas seperti Beetle. Semua yang ada di VW ada dalam satu paket."



Modular Electric Drive Architecture (MEB) menjadi platform andalan ID.4. Diyakini seperti kembali ke warisan awal Volkswagen. Menempatkan motor listrik di belakang, sama seperti Beetle awal pertama disodorkan.

Sumber tenaga ID.4 terdiri dari 288 kantong baterai dalam 12 modul. Ditata di bagian bawah kendaraan untuk hadirkan distribusi bobot kendaraan. Struktur bodi andalkan material alumunium.



Bila ingin terburu-buru, saat pengisian baterai satu jam melalui onboard charger 11 kW bisa menempuh jarak hingga 53 km. Bila ingin terisi penuh, bisa menunggu tujuh setengah jam lebih gunakan pengisian Level 2.

Adapun gunakan pengisian cepat DC berkekuatan 125 kW, baterai ID.4 bisa lekas terisi 80% hanya perlu waktu 38 menit.

Baca juga: Peugeot Rayakan Ulang Tahun ke-210



Memantau kondisi energi melalui layar 5,3 inci ID Cockpit. Layar infotainment di dasbor berukuran 10 inci Discovery Pro, bisa upgrade juga berukuran 12 inci Discover Pro Max. Bisa perintah suara "Hello ID", oleh pengendara atau penumpang.

Volkswagen mengutarakan bahwa dimensi ID.4 tak lebih besar dari Tiguan yakni 4.584 mm, lebar 2.766 mm dan tinggi 1.635 mm.