POPULAR STORIES

Volkswagen Tiguan R, 0-100 Kpj Hanya 4,9 Detik!

Volkswagen Tiguan R, 0-100 Kpj hanya 4,9 Detik!

KabarOto.com - Bila Sobat KabarOto masih memandang Volkswagen Tiguan masih sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) biasa-biasa saja, sepertinya patut menyimak racikan terbaru. Volkswagen Tiguan R diklaim suguhkan tenaga terkuat.

Yup, Volkswagen Tiguan R kini sudah ada jajaran tertinggi dalam hal suguhan performa, diklaim mencapai 315 dk. Hal ini berkat dipasangkannya mesin turbocharger TSI berkode EA888 evo4.

Baca juga: 5 Hal Keren dari Volkswagen Tiguan, Simak!

Meski hanya empat silinder 2.000 cc, torsi yang dikerahkan bisa mencapai 420 Nm sudah bermain di 2.100 rpm hingga 5.350 rpm. Wajar bila 0-100 kpj bisa ditembus 4,9 detik.



Sistem gerak empat roda pengembangan terbaru 4Motion dengan R-Performance Torque Vectoring membuat lajunya tetap stabil di 250 kpj. Transmisinya 7-speed DSG dual clutch (DQ500) bisa dioperasikan melalui paddles shift.



Volkswagen untuk pertama kalinya menggunakan final drive dipasangkan kopling multiplat. Distribusi performa tidak sekadar untuk depan dan belakang, namun juga mempertimbangkan pijakan kiri dan kanan ban.

Agar bisa membelah udara, aerodinamika sudah dirancang baik termasuk pemakaian pelek Misano alloy 20 inci. Di dalamnya terdapat cakram 18 inci dikawal kaliper biru dengan logo R di depan.

Baca juga: Tahun Depan Beli Mobil Listrik Bisa Murah, Ini Jadwalnya!

Bagian buritan akan ditemui diffuser agar aliran udara membantu laju Tiguan R. Bila suara knalpot standar kurang mumpuni, ada pilihan knalpot racikan khusus dari Akrapovic. Pilihan pelek 21 inci Estoril juga disuguhkan.



Tiguan R yang merupakan hasil karya divisi Volkswagen R ini patut menyandang performa layaknya sports car namun berpenampilan dan tangguh kemasan SUV. Harga di Jerman 56.703 Euro atau setara Rp 955,7 juta.