POPULAR STORIES

Volvo Jamin Ketersediaan Suku Cadang Untuk Armada TransJakarta

Volvo Jamin Ketersediaan Suku Cadang Untuk Armada TransJakarta Volvo B11R untuk armada TransJakarta (Deni/KO)

KabarOto.com - Banyak armada TransJakata saat ini telah menggunakan bus-bus merek Eropa. Hal tersebut untuk memperbaiki imej TransJakarta yang sempat tercoreng lantaran unitnya yang kerap bermasalah. Dengan menggunakan jajaran produk bus Eropa seperti Mercedes-Benz, Scania, hingga Volvo yang kini semakin banyak.

Diharapkan dapat mendukung moda transportasi masyarakat di Ibukota. Di sisi lain, tentunya bus-bus tersebut memiiki tampilan dan kenyamanan yang lebih baik jika dibandingkan dengan armada sebelumnya.

Baca juga: Volvo Edukasi Pengemudi Aman Berkendara Via Driver Challenge 2018

Untuk bus Volvo sendiri, diketahui populasinya sudah mencapai 101 penuh dari total pesanan untuk TransJakarta yang mencapai 119 unit.

Seperti diungkapkan Eka Lovyan, Chief Operating Officer PT Indotruck Utama, dealer Volvo Truck & Bus, "Kita dapat 119 unit pesanan sasis bus untuk Transjakarta, 101 unit sudah beroperasi penuh. Yang digunakan untuk TransJakarta itu tipenya B11R 6x2," ujarnya saat berbincang dengan KabarOto di Sentul, Bogor, Jawa Barat, Selasa (24/7/2018).

Volvo Trucks

Eka pun menyampaikan, Volvo Bus yang digunakan saat ini beda dengan dulu yang sempat menanjak lalu hilang. "Memang waktu itu kita sulit suku cadang, karena establish Volvo Bus di prinsipal belum kuat," paparnya.

Untuk after sales kita sekarang jauh lebih kuat, bahkan khusus untuk TransJakarta itu kita punya warehouse khusus untuk suku cadang," imbuhnya.

Sekadar informasi, Volvo B11R yang digunakan untuk armada TransJakarta dilengkapi dengan chasis premium. Bus rakitan Laksana ini menggunakan mesin diesel tipe D11A berkapasitas 10,8 liter 6 silinder turbo charger dan aftercooler. Mesin tersebut mampu menyemburkan tenaga sebesar 370 dk dengan torsi sebesar 1.770 Nm.

Keunggulan dari chasis Volvo B11R-370 6x2 antara lain transmisi yang sudah otomatis dan juga dilengkapi dengan fitur pembatas kecepatan bus. Selain itu, bus ini pun telah dilengkapi dengan suspensi udara pada tiap kaki roda, untuk menambah kenyamanan penumpang dalam menggunakan bus TransJakarta.

Layaknya bus TransJakarta pada umumnya, bus ini pun telah dilengkapi dengan sekat antara kabin supir dengan kabin penumpang.

POPULAR STORIES

HOT