POPULAR STORIES

Volvo Tarik Lebih Dari 2 Unit Produknya Karena Masalah Ini

Volvo Tarik Lebih Dari 2 Unit Produknya Karena Masalah Ini Volvo S60 (Volvo)

KabarOto.com - Produsen mobil asal Swedia, Volvo, dikabarkan memiliki rencana untuk menarik kembali (recall) terhadap 2,18 juta kendaraan hadil produksinya di seluruh dunia.

Hal tersebut terpaksa dilakukan, karena Volvo menemukan masalah terkait kabel baja yang bisa aus di bagian kursi, sehingga mengurangi kemampuan kinerja sabuk pengaman mobil.

Baca Juga: Semua Bisa Jadi Pembalap Mobil Honda, Mudah Caranya!

Seperti dikutip lama Automotive News Europe, Volvo yang dikenal sebagai penghasil mobil teraman di dunia, akan melakukan perbaikan pada bagian tersebut yang terdiri dari 412.000 kendaraan di Swedia, 308.000 di Amerika Serikat, 245.000 di Cina, 178.000 di Jerman dan 169.000 di Inggris.

"Pemilik kendaraan ini akan dihubungi langsung, seperti halnya pemilik mobil yang terkena dampak global," ujar juru bicara media Volvo, Stefan Elftstrom.

Dapat mengurangi kinerja sabuk pengaman

Adapun varian yang akan terkena penarikan adalah Volvo S60, S60L, S60CC, V60, V60CC, XC60, V70, XC70, S80 dan S80L. Seluruh varian yang ditarik tersebut, memiliki rentang produksi antara 2006 hingga 2019.

Selanjutnya, pemilik kendaraan yang terkena dampak akan diminta untuk membawa Volvo mereka ke diler lokal agar kawat baja yang berpotensi rusak tersebut diganti dengan yang lebih kuat.

Baca Juga: Bugatti Dan Jacob & Co. Kolaborasi Buat Koleksi Jam Seharga Rp8,7 Miliar

Meski begitu, Volvo belum mendapat laporan kecelakaan atau cedera yang timbul dari bagian yang ditemukan masalh tersebut. Baik kawat baja yang menggunakan suku cadang asli atau suku cadang dibuat oleh pemasok komponen otomotif Swedia, Autoliv.

"Kami telah melihat bahwa kawat ini dapat berpotensi aus dalam kondisi khusus. Ini adalah masalah yang sangat jarang. Namun pada akhirnya dapat menyebabkan kerusakan pada kabel, yang berakibat pada penurunan fungsi sabuk pengaman," pungkas Stefan.