POPULAR STORIES

Volvo Trucks Indonesia Luncurkan Tipe FH16 Dan FMX

Volvo Trucks Indonesia Luncurkan Tipe FH16 dan FMX Volvo Trucks Indonesia

KabarOto.com - Volvo Trucks Indonesia bersama dengan PT Wahana Inti Selaras sebagai importir resmi dari Volvo Trucks di Indonesia dan anak perusahaannya yaitu PT Eka Dharma Jaya sakti di area Kalimantan, serta PT Indotruck Utama sebagai distributor resmi untuk area non-Kalimantan melakukan peluncuran acara Volvo Trucks Indonesia New Range Digital Launch pada Selasa (21/09) kemarin.

Peluncuran yang dilakukan secara digital ini bertujuan untuk mengenalkan unit baru dari Volvo Trucks yaitu FH16 dan FMX. “Mulai dari three-point seat belt sampai teknologi yang lebih lanjut, Volvo Trucks terus meningkatkan kualitas produknya sesuai dengan core value dari Volvo Trucks yaitu quality, safety, dan environmental care,” ujar Bambang Prijono selaku Direktur PT Wahana Inti Selaras.

Eksterior FH16 dan FMX, ada peningkatan pada grill menjadi honeycomb grill yang berfungsi untuk meningkatkan sirkulasi udara yang mampu mendinginkan mesin secara optimal.

Baca juga: Penjualan Volvo V60 Dan V90 Di Amerika Serikat Mulai 2022 Akan Dihentikan

Selain itu, ada perubahan lain yaitu lampu depan berbentuk V-Shape yang berfungsi untuk meningkatkan daya pandang pengemudi dan kendaraan dari arah berlawanan. Pada foot step juga terdapat perubahan dengan menggunakan material anti-slip untuk meningkatkan keamanan pengemudi yang akan naik dan turun dari kabin truk.

Peningkatan lain terdapat pada front axle yang memiliki peningkatan kapasitas dari sembilan menjadi sepuluh ton. Pada rear axle terdapat peningkatan dari 32 ton menjadi 38 ton yang memungkinkan untuk mengangkut beban lebih dari 285 ton sekali berkendara. Selain itu, ada peningkatan lain dari vessel dari 35m3 menjadi 45m3 yang menjadi peningkatan signifikan tidak hanya kapasitas melainkan dari volume.

“Peningkatan kualitas Volvo Trucks ini tidak hanya dari segi kapasitas berat tapi juga peningkatan volume. Ini ditujukan untuk meningkatkan produktivitas karena truk ini banyak yang bekerja di area pertambangan untuk mengangkut batubara,” unar Pantas Sihombing, Direktur PT Eka Dharma Jaya Sakti.

Selain eksterior, interior juga menjadi penting karena kenyamanan dan keamanan saat berkendara akan membuat pengemudi lebih efisien saat menyelesaikan pekerjaan.

Salah satu fitur utama yang ditingkatkan dari sisi interior adalah kluster instrument digital yang berisi berbagai informasi untuk pengemudi seperti konsumsi bahan bakar, tekanan udara, navigasi, dan lainnya. Hal ini ditujukan untuk membuat pengemudi lebih fokus dan bisa lebih cepat memantau kondisi truk saat di jalan.

Pada setir kemudi, selain mode tilt dan telescopic ada juga pengaturan neck tilting yang tidak hanya mengatur tinggi atau jarak, pengemudi juga bisa mengatur sudut kemudi setirnya. Selain itu, untuk semua unit baru Volvo Trucks saat ini sudah menjadi I-Shift yang lebih ergonomis.

Baca juga: Volvo Concept Recharge, Masa Depan Mobil Listrik

Untuk utilisasi, Volvo Trucks memiliki lima mode berkendara yang bisa diatur sesuai dengan berbagai kondisi pengemudi saat di jalan seperti efficiency, standard, heavy load, off-road, dan uphill. Pada traction control, semua dibuat lebih sederhana dengan knob putar, tidak lagi dengan berbagai tombol seperti model sebelumnya. Selain itu, banyak perubahan yang dibuat lebih digital dan elektrik untuk memudahkan pengemudi saat berkendara seperti spion yang dibuat elektrik dan jendela yang dibuat power window.

Kabin truk juga dibuat lebih soundproof hingga 20 persen lebih senyap untuk meningkatkan kenyamanan pengemudi yang sering mengalami noise saat mengemudi di daerah yang berisik agar tidak mudah lelah. Ditambah, area blindspot pengemudi juga dibuat lebih kecil untuk meminimalisasi kemungkinan pengemudi tidak melihat kondisi di sekitarnya.

Selain itu juga, Volvo berupaya mempermudah pelanggan yang memiliki unit truknya untuk mengontrol dan mengakses semua layanan Volvo Trucks mulai dari performa truk hingga jadwal pemeliharaan rutin melalui Volvo Connect. Aplikasi ini memungkinkan pelanggan truk memantau kondisi truknya rutin secara real-time lewat berbagai platform.

“Dengan dua anak perusahaan kami, PT Eka Dharma Jaya Sakti dan PT Indotruck Utama, kami memiliki lebih dari 70 cabang dan job sites serta lebih dari 400 mekanik yang siap bekerja untuk mengoptimalkan performa truk. Support yang dimiliki oleh Volvo Trucks berlapis mulai dari regional service di Balikpapan hingga level global,” tutupnya.