POPULAR STORIES

Volvo Trucks Luncurkan Tiga Truk Listrik Di Malaysia, Intip Spesifikasinya

Volvo Trucks Luncurkan Tiga Truk Listrik di Malaysia, Intip Spesifikasinya Ilustrasi tiga truk listrik yang dipasarkan di Malaysia (Foto: Volvo Trucks)

KabarOto.com - Volvo Trucks meluncurkan line up truk elektrifikasi, yakni FH, FM, dan FMX di pasar ASEAN. Di mana, Malaysia menjadi negara pertama yang memasarkan produk tersebut.

Swift Haulage Bernad yang merupakan perusahaan logistik terintegrasi menjadi yang pertama untuk truk listrik yang baru diluncurkan ini.

Soal performa, truk listrik Volvo ini dibekali dua hingga tiga motor listrik yang menghasilkan daya 490 kW dan torsi 2.400 Nm, dengan kapasitas baterai mulai dari 180 kWh hingga 540 kWh, yang terdiri dari dua hingga enam paket baterai.

Transmisi yang digunakan merupakan girboks I-Shift 1 percepatan, sama seperti truk Volvo dengan mesin konvensional. Selain itu, aplikasi power take-off (PTO) untuk model FH Electric, FM Electric dan FMX Electric bisa dapat berupa mekanik, elektromekanis atau elektrik.

Pengisian baterai hingga penuh diklaim mencapai 10 jam dengan pengisian daya 43 kW AC melalui koneksi tipe 2 atau 1 jam 55 menit pada pengisian daya 250 kW DC melalui koneksi CCS2.

Baca Juga: Formula 1 Dan DHL Kenalkan Truk Bahan Bakar Nabati Demi Kurangi Emisi Karbon

Melansir laman Paultan, ketiga truk listrik Volvo ini mampu menempuh jarak hingga 300 km dengan kombinasi bruto 44 ton (GCW).

Swift Haulage Bernad, perusahaan logistik terintegrasi akan menggunakan truk listrik Volvo

Dalam tes yang dilakukan Volvo Trucks, mendapatkan hasil bahwa FH Electric berpotensi menggunakan energi 50 persen lebih sedikit dibandingkan dengan tipe FH penggerak utama bertenaga diesel. Konfigurasi yang tersedia adalah tata letak gandar 4×2, 6×2 dan 6×4, ketiga lini model dilengkapi gandar bersuspensi udara.

Ketiga truk listrik ini memiliki desain kabin aerodinamis untuk mengurangi hambatan angin, sehingga mengoptimalkan jangkauan baterai. Kisaran ini diidentifikasi secara visual oleh lampu LED berbentuk V yang menjadi ciri khas Volvo Trucks.

Masuk ke dalam kabin, terdapat Kemudi Dinamis untuk bantuan tambahan dalam mengemudikan truk, serta instrumentasi pengemudi menampilkan layar definisi tinggi 12 inci dengan cincin krom di sekelilingnya dan lampu halo untuk memudahkan penglihatan dan dengan demikian meningkatkan keselamatan.

Baca Juga: Truk Hidrogen Hyundai XCient Diperkenalkan Pertama Kali Di Amerika Serikat

Layar 9 inci, berfungsi sebagai pusat sistem informasi kendaraan, yang dapat dikontrol oleh pengemudi melalui kombinasi kontrol sentuh dan tombol di roda kemudi, memberikan cara yang aman dan nyaman bagi pengemudi berinteraksi dengan sistem kendaraan.

Soal keselamatan, tersedia fitur untuk menghindari tabrakan samping, yang merupakan jenis pemantauan titik buta untuk truk. Fitur ini menggunakan radar untuk memantau area guna mencegah tabrakan dengan kendaraan lain di titik buta pengemudi truk saat berpindah jalur.

Meskipun belum ada harga resminya, namun line up truk listrik Volvo Trucks ini dibanderol mulai dari 2 juta Ringgit atau sekitar Rp 6,5 miliar.