POPULAR STORIES

Formula 1 Dan DHL Kenalkan Truk Bahan Bakar Nabati Demi Kurangi Emisi Karbon

Formula 1 dan DHL Kenalkan Truk Bahan Bakar Nabati Demi Kurangi Emisi Karbon Foto : DHL.

KabarOto.com - Bukan hanya pabrikan yang terus bergerak menuju netralitas karbon. Balapan sekelas Formula 1 pun turut berkontribusi, salah satunya memperkenalkan truk berbahan bakar nabati untuk logistik F1.

Formula 1 dan Mitra Logistik Resmi DHL, telah mengumumkan bahwa setiap balapan di Eropa musim 2023, setiap logistik tim dikirimkan dengan truk berbahan bakar nabati.

Kelebihan dari truk ini adalah menghasilkan pengurangan emisi karbon setidaknya 60%, dibandingkan bahan bakar standar, dengan konsumsi bahan bakar lebih hemat.

Baca Juga : Jadwal F1 Spanyol 2023, Kesempatan Sergio Perez Kejar Poin

Armada truk biofuel pertama DHL terdiri dari 18 truk baru, menggunakan bahan bakar HVO100 (minyak nabati yang diolah dengan air). Lalu truk dipersenjatai GPS demi memantau konsumsi bahan bakar, dan mengoptimalkan rute lebih efisien, mengurangi emisi karbon sambil mempertahankan performa sama dalam hal kapasitas muatan, dan jarak tempuh seperti menggunakan diesel biasa.

Kemitraan DHL dengan Formula 1 juga menunjukkan dedikasi bersama terhadap keberlanjutan dan pengurangan jejak karbon. "Kami secara konsisten membuat logistik lebih berkelanjutan, dan kami bersemangat untuk memperkenalkan armada truk perdana, yang menggunakan bahan bakar berkelanjutan tahun ini," ujar Arjan Sissing, Head of Global Brand Marketing di Deutsche Post DHL Group.

Baca Juga : Jadwal F1 Spanyol 2023, Kesempatan Sergio Perez Kejar Poin

Setiap truk dapat mengangkut hingga 40 ton, dan menempuh jarak hingga 3.500 km per 1.000 liter tangki, dan truk akan menempuh jarak sekitar 10.600 km untuk memenuhi kebutuhan balapan di kawasan Eropa.