POPULAR STORIES

Waduh, Daihatsu Xenia Hanya Dapat Bintang 3 ASEAN NCAP

Waduh, Daihatsu Xenia Hanya Dapat Bintang 3 ASEAN NCAP Foto : ASEAN NCAP.

KabarOto.com - Kembaran Toyota Avanza yakni Daihatsu Xenia telah melakukan tes keamanan yang dilakukan ASEAN NCAP. Mobil LMPV favorit Indonesia itu secara mengejutkan hanya meraih nilai bintang 3.

Varian yang dites adalah unit varian rendah yang dijual di Indonesia, Xenia 1.3 M M/T. Seperti biasanya, pengetesan ini mensimulasikan mobil ini mengalami tabrakan baik dari depan, maupun samping.

Varian 1.3 M hanya dibekali dua SRS airbag di bagian depan sebagai standar, lalu seat belt tensioner tiga titik di depan, serta ISOFIX di bagian belakang. Saat tabrakan kedua airbag berfungsi cukup baik, namun cedera terindikasi paling parah di bagian dada.

Baca Juga : Ini Alasan Daihatsu Terios Tidak Diberikan Advanced Safety Assist

Fitur keselamatan rem ABS, EBD, sudah jadi standar di semua varian, namun fitur seperti 6 airbag, AEB, stability control, lane departure warning, forward collision warning, blind spot monitoring, dan lane keeping assist hanya ada di varian tertinggi.

Baca Juga : 1.210 Unit All New Daihatsu Xenia Dan Rocky Terkena Recall

Soal harga memang model ini paling terjangkau, sekitar Rp 221,9 jutaan. Sementara varian paling mahal Xenia 1.5 R CVT ASA sudah dibekali fitur keamanan komplet dan banderolnya sekitar Rp 279 jutaan.

Belakangan juga 1.210 unit All New Xenia dan Rocky terkena recall atau penarikan untuk melakukan pemeriksaan dan penggantian ECU Airbag. Unit yang diproduksi 15 Desember 2022-11 Januari 2023, yaitu 1.095 unit model All New Xenia.