Waduh, Hasil Uji Tabrak Renault Duster Tak Dapat Bintang

Waduh, Hasil Uji Tabrak Renault Duster Tak Dapat Bintang

KabarOto.com – Fitur keselamatan mobil biasanya akan dites setelah mobil diedarkan. Tujuannya tentu untuk mengetahui apakah mobil tersebut aman atau tidak, lalu menguji fitur keselamatan berfungsi baik atau tidak saat terjadi kecelakaan sungguhan.

Simulasi tabrakan dibuat sedemikian rupa, yang terbaru dilakukan uji tabrak ialah Renault Duster. Namun hasilnya kurang memuaskan, diuji oleh Latin NCAP, Duster tidak mendapat bintang sama sekali alias nol.

Duster mendapat nilai keselamatan untuk pengemudi sebesar 29%, lalu penumpang anak-anak 23%, pejalan kaki 51% dan fitur keselamatan 35%. Pengujian juga dilakukan pada kecepatan rata-rata 50 hingga 64 kpj.

Baca Juga : Renault Clio Lutecia Limited Edition, Pilihan Kaum Muda

Untuk uji tabrak bagian depan sebanyak 50% pada kecepatan 64 kpj, diperlihatkan kedua air bag depan terbuka dengan sempurna, menahan bentuk untuk pengemudi dan penumpang depan.

Bagian uji tabrak samping dengan kecepatan 50 kpj, dapat dilihat bahwa Duster tidak dilengkapi dengan air bag samping, sehingga resiko cedera akan cukup besar, dari benturan antar penumpang, hingga pecahan kaca dapat memperburuk keadaan.

Baca Juga : Hadir Tahun Depan, Ini Spesifikasi Dacia Duster Gets Extreme Limited Edition

Sementara desain jok terlihat mampu mengurangi efek cedera leher, sebab headrest bisa menahan dengan baik. Simulasi kepada pejalan kaki juga dilakukan, dari uji benturan di kepala dengan kap mesin, hingga kaki dengan bumper depan.

Selain itu, pengujian pada fitur electronic stability control juga dites. Walau berjalan cukup baik, namun fitur pada Duster memang cukup minim, misalnya tidak ada Line Assist System dan Speed Assist System. Tes AEB pedestrian juga tidak dilakukan oleh NCAP.