POPULAR STORIES

Wah, Ada Yamaha F1Z Di Diler Yamaha

Wah, Ada Yamaha F1Z di Diler Yamaha Motor-motor lawas Yamaha terpajang di Flagship shop

KabarOto.com - Pada tahun 1990an, motor-motor 2 tak baik itu bebek dan juga sport sangat digandrungi oleh kalangan muda. Motor tersebut terlihat gagah jika digunakan di jalan raya. Namun seiring emisi gas buang yang diatur pemerintah, untuk mengurangi polusi udara yang keluar dari knalpotnya, pemerintah melarang motor-motor tersebut. Pabrikan pun berhenti membuat motor yang mencampurkan pelumas dan bensin.

Salah satu motor 2 tak yang pernah Berjaya di masanya adalah Yamaha F1Z. Produk ini merupakan transisi model moped atau bebek dari Alfa menuju ke F1Z. Secara tampilan masih mirip dengan Force 1. Namun, sudah dilengkapi dengan disc brake di bagian depan dan knalpot racing seperti di varian F1ZR. Kapasitas mesinnya 110cc, dan telah dilengkapi dengan kipas untuk mendinginkan bagian silindernya.

Baca Juga: Agar Tetap Diminati, Yamaha Jupiter Z1 Ada Warna Baru

Namun siapa sangka, jika motor tersebut ada di Yamaha Flagship Shop Bali. Satu buah Yamaha F1Z warna putih buatan tahun 1996 mejeng di dalam ruangan display motor bersama motor-motor baru.

Namun sayang, Yamaha Bali tidak menjualnya. Unit yang dipajang itu adalah koleksi dari komunitas 2 Tak Menolak Punah. “Kami display di bulan Agustus ini tepat pada saat kemerdekaan RI ke 75,” terang Andri Fistulariyanto selaku promosi DDS Bali.

Dia juga menambahkan, unit tersebut salah satu sarana untuk mengenang sejarah Yamaha di Indonesia. Yamaha F1Z berwarna putih, pada masanya tidak terlalu banyak yang minati, populasinya sedikit. Namun, justru hal inilah yang membuat F1Z warna putih ini menjadi motor yang sangat langka.



Setelah menjalani proses restorasi di mana beberapa komponen part diganti dengan yang baru, tampilan motor legendaris ini berubah layaknya baru. Tak hanya Yamaha F1Z, ada juga RX King dan juga Yamaha Champ. Semua motor tersebut pernah berjaya di masanya.

Baca Juga: Beli Motor Yamaha Bisa Hemat Rp6 Juta

Seiring tuntutan emisi gas buang, produk 2 tak perlahan digantikan dengan motor 4 tak. Untuk segmen moped atau bebek pengganti F1Z, pada awalnya ada varian Crypton kemudian muncul Vega dan sampai sekarang makin eksis Jupiter Z.

"Varian terbarunya menggunakan teknologi injeksi dan forged piston yaitu Jupiter Z1,” tambah Andri Fistulariyanto.