POPULAR STORIES

Wah, Polisi Rembang Beri Apresiasi Pada Pengendara Tertib Saat Operasi Zebra Candi 2019

Wah, Polisi Rembang Beri Apresiasi pada Pengendara Tertib Saat Operasi Zebra Candi 2019 Operasi Zebra Jaya 2019 (Foto: Rizki Fitrianto/KO)

KabarOto.com - Operasi lalu lintas yang dilaksanakan oleh pihak Kepolisian menjadi momok menakutkan bagi sebagian pengendara. Pasalnya ketidaklengkapan surat-surat dan pelanggaran berkendara lainnya akan diberi sanksi. Nah, berbau positif Satlantas Polres Rembang juga memberi apresiasi terhadap pengendara yang tertib berlalu lintas.

Hal serupa juga sudah diterapkan di Dubai, Uni Emirat Arab yang memberikan stiker sebagai penanda pengendara berkendara sesuai dengan peraturan. Tidak dalam rangka operasi seperti di Indonesia, di Dubai hal tersebut dilakukan secara acak.

Baca Juga: Berikut Daftar Titik Operasi Zebra Jaya 2019 Di Jadetabek

Nah, kali ini petugas Kepolisian sudah menyiapkan setumpuk hadiah bagi mereka yang berkendara sesuai dengan aturan dan memiliki kelengkapan surat kendaraan bermotornya.

Petugas Polres Rembang melaksanakan kegiatan ini dalam Operasi Zebra Candi 2019. Apresiasi diberikan pada pengendara yang melintasi Jalan Raya Lasem, Jatigoro, Rembang, Jawa Tengah pada (29/10).

Hadiah yang diberikan berupa kalender 2020 dan alat tulis yang disimpan di tenda tempat mengurus penilangan area setempat. Terkesan sepele, namun pihak Kepolisian memang sengaja memilih hadiah yang bermanfaat bagi para pengendara. Seperti kalender untuk menyambut tahun baru 2020 dan alat tulis yang bisa digunakan pelajar maupun non-pelajar.

Bagi pengendara yang melanggar peraturan diarahkan ke meja tilang, sementara pengendara yang tertib bisa memilih hadiah yang sudah dipersiapkan.

Baca Juga: Persingkat Waktu, Jembatan Holtekamp Di Jayapura Raih 2 Penghargaan MURI

"Tujuan utamanya memperlihatkan kalau polisi tak hanya bisa menilang, tapi juga bisa melakukan upaya preemtif dan preventif dengan mengedepankan hubungan baik dengan masyarakat," jelas AKP Roy Irawan selau Kasat Lantas Polres Rembang.

Hingga hari ke-6 Operasi Zebra Candi 2019, pihaknya telah menindak banyak pelanggar. Bentuk pelanggaran didominasi oleh pengendara yang tidak memiliki SIM, tidak membawa STNK, melanggar batas kecepatan, mengemudi sembari menggunakan ponsel, serta melawan arus lalu lintas.

"Kami berharap melalui Operasi Zebra ini mampu menekan pelanggaran yang akan berimbas menekan laka lantas," tutupnya.