Wah, Ternyata Ini Jenis Sampah Paling Banyak Di GIIAS 2019

Wah, Ternyata Ini Jenis Sampah Paling Banyak di GIIAS 2019 Petugas kebersihan di GIIAS 2019 (KO/Edo)

KabarOto.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019, menghadirkan berbagai macam produk kendaraan terbaru yang didukung oleh teknologi terkini dari industri otomotif dunia.

Tahun ini, GIIAS menjadi pameran Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) yang ke 27. Tercatat, ada 20 merek kendaraan penumpang, 10 merek kendaraan komersial dan karoseri, 12 merek sepeda motor, serta total lebih dari 300 merek dari industri pendukung ambil bagian dari GIIAS 2019.

Baca Juga: Keren Abis! Simak Nih 5 Mobil Termahal Yang Ada Di GIIAS 2019

Karena diikuti perserta dari berbagai merek dan menampilkan beragam kecanggihan teknologi otomotif tersebut, tak pelak GIIAS menjadi salah satu tujuan masyarakat untuk dikunjungi bersama keluarga.

Dilakukan pengumpulan sebelum diangkut menggunakan truk

Pada pameran kali ini, antusiasme pengunjung memperlihatkan hasil yang positif. Dari awal pameran dibuka hingga Sabtu sore, pengunjung sudah menebus lebih dari 400 ribuan orang. Lalu bagaimana dengan sampah yang dihasilkan selama pameran?

"Sehari rata-rata hampir mencapai 1 ton," ujar Abdul Syukur Operator Armada SAS, perusahaan menangani kebersihan selama pameran GIIAS. Lebih lanjut ia mengatakan, bahwa pihaknya bertanggung jawab untuk kebersihan dari hall 5-10 di ICE, BSD, termasuk toilet.

Sepeda motor roda 3 salah satu armada pengangkut sampah

Abdul juga menambahkan, bahwa jenis sampah yang paling banyak dihasilkan adalah brosur dan kemasan bekas makanan. "Jenis sampah yang paling banyak adalah brosur-brosur dan juga bungkus atau sisa makanan dari area food courd," kata pria ramah tersebut.

Kertas brosur jadi sumber sambah selama pameran

Bila di akhir pekan, sampah yang dihasilkan bisa lebih banyak lagi. "Kalau weekend bisa lebih dari satu ton. Pengangkutannya menggunakan minimal 2 truk perhari untuk dikirim ke tempat pembuangan sampah," jelas Abdul. Wah, banyak juga yah!

Baca Juga: Seru Nih! Di Booth Hyundai Di GIIAS 2019, Modal Teriak Bisa Dapat Gadget Keren

Untuk informasi, pameran otomotif berskala internasional ini didukung penuh oleh merek-merek kendaraan anggota Gaikindo, termasuk didalamnya 20 merek kendaraan penumpang yakni Audi, BMW, Daihatsu, Datsun, DFSK, Honda, Hyundai, JEEP, DFSK, Lexus, Mazda, Mercedes-Benz, MINI, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Renault, Toyota, VW, dan Wuling, Isuzu LCV.

Serta 10 merek kendaraan komersial dan karoseri yaitu DFSK Commercial, FAW, Hino, Isuzu CV, Mitsubishi FUSO, Tata Motors, dan UD Truck, serta Adi Putro, Laksana, Tentrem.