POPULAR STORIES

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Rest Area Tipe A, B Dan C

Wajib Tahu, Ini Perbedaan Rest Area Tipe A, B dan C  Rest Area (BPJT)

KabarOto.com - Menjadi momentum untuk berkumpul bersama keluarga di kampung halaman, mudik Lebaran sudah menjadi tradisi bagi sebagian masyarakat Tanah Air. Melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi menjadi pilihan karena telah tersedia Jalan Tol, sehingga mobilisasi bisa dilakukan dengan mudah.

Telah tersambung 2.835 Km jalan tol di seluruh Indonesia membuat penyedia fasilitas menghadirkan layanan untuk melepas lelah saat melakukan perjalanan, yakni Tempat, Istirahat, dan Pelayanan (TIP) atau rest area.

Baca Juga : Sebelum Mudik Lebaran, Bengkel Motor dan Mobil Ini Tawarkan Promo Ramadan

Anggota BPJT Unsur Masyarakat Tulus Abadi mengatakan, terdapat TIP yang sudah beroperasi maupun yang sedang dalam tahap penyelesaian. Dalam hal ini TIP terbagi menjadi 3 Tipe diantaranya TIP Tipe A, Tipe B, dan Tipe C. Selama momentum mudik Lebaran masyarakat dapat menggunakan TIP yang disesuaikan sesuai dengan diskresi petugas kepolisian di lapangan.

“Dihimbau kepada para pemudik untuk jangan terlalu lama di TIP paling tidak 30 menit beristirahat di rest area menghindari terjadinya penumpukan kendaraan. Selain itu kami juga menyarankan kepada pemudik dapat menggunakan TIP sementara yang bisa dimanfaatkan di sekitar area kantor gerbang tol,” ujarnya.

Tulus menambahkan, hingga saat ini total TIP yang telah beroperasi mencapai 134 lokasi. Merupakan bagian dari fasilitas dan layanan di Jalan Tol, TIP terbagi menjadi tipe A, B, dan C. Penetapan ini telah disesuaikan dengan fasilitas yang tersedia di dalamnya.

Khusus Tol Trans Jawa terdapat 60 TIP, diantaranya 41 TIP Tipe A, 21 TIP Tipe B, dan 2 TIP Tipe C. Kemudian TIP di Jalan Tol Jabodetabek dan Non Trans Jawa sebanyak 22 TIP diantaranya 18 TIP Tipe A, 2 TIP Tipe B, 2 TIP Tipe C.

Baca Juga : 500 Unit Kawasaki KLX 230 Anyar Bakal Urai Kemacetan Mudik Lebaran 2024

Selanjutnya TIP di Jalan Tol di Pulau Sumatera sebanyak 38 TIP diantaranya 22 Tipe A, 7 TIP Tipe B, 9 TIP Tipe C. Dan TIP di Jalan Tol di Pulau Kalimantan sebanyak 2 TIP Tipe A, TIP di Jalan Tol di Pulau Sulawesi diantaranya 2 TIP Tipe C.

Untuk TIP tipe A, memiliki area lebih luas dan memiliki fasilitas umum yang lengkap meliputi ATM, Toilet, SPBU, klinik kesehatan, bengkel, minimarket, mushola, Kios, Tempat Parkir, ruang terbuka hijau hingga restoran.

tipe B memiliki area yang lebih kecil dibandingkan tipe A, untuk fasilitas rest area ini memiliki ATM center, toilet, warung atau kios, minimarket, mushola, restoran, ruang terbuka hijau, dan tempat parkir.

Terakhir ada TIP tipe C, memiliki area paling kecil, pengguna bisa mendapatkan fasilitas toilet,warung atau kios,mushola, dan sarana tempat parkir yang bersifat sementara. Terkadang fasilitas rest area Tipe C hanya dioperasikan pada saat-saat tertentu seperti saat libur panjang, libur hari raya, dan lain sebagainya.