POPULAR STORIES

Walau Tak Ada Penawaran DP Ringan, Target Pasar Daihatsu Tidak Berubah

Walau Tak Ada Penawaran DP Ringan, Target Pasar Daihatsu Tidak Berubah

KabarOto.com - Selama pandemik, industri otomotif mengalami penurunan penjualan. Beberapa bulan terakhir memang banyak orang yang kesulitan ekonomi akibat terhentinya aktivitas. Hal ini turut memengaruhi jumlah peminat pasar untuk membeli mobil.

PT Astra Daihatsu Motor (ADM) menjadi salah satu pabrikan yang ikut merasakan kesulitan menggapai pasar di tengah pandemik, karena ada penurunan daya beli. Walau begitu, ADM enggan mengubah angka target pasarnya di 17 persen.

Baca Juga: Pangkas Biaya, Daihatsu Tak Perpanjang Ribuan Kontrak Karyawan

"Seperti biasa kita melihatnya dari market share, bukan jumlahnya. Daihatsu ingin mencapai minimal market share 17 persen. Tidak berubah, tidak ada koreksi," ujar Hendrayadi Lastiyoso, selaku Head of Marketing and CR Division PT ADM.

Menurut data yang ditunjukkan, penjualan retail kendaraan secara umum mengalami penurunan 40 persen. Berkaitan dengan hal tersebut, Daihatsu tidak menyebutkan angka pasti dalam target marketnya, karena akan melihat dulu apakah industri otomotif masih terus merosot.

Sumber: Webinar Astra Daihatsu Motor

Demi mencapai target tersebut Daihatsu tetap memberikan kemudahan untuk konsumennya. Walaupun secara nyata, anak perusahaan Astra ini tidak ingin memberikan janji-janji penawaran menarik seperti biasanya, antara lain DP ringan, angsuran ringan, dan sebagainya.

Baca Juga: Kendala SDM, Daihatsu Tetap Lakukan Produksi Juli 2020

Penawaran-penawaran tersebut tak bisa diaplikasikan mengingat situasi saat ini proses leasing sedang sulit. ADM lebih memilih mengubah angka cash credit menjadi 32 persen dan 68 persen, lebih besar cash. Selain itu, penawaran lainnya diberikan secara momentum atau periode tertentu.

"Perubahan ini juga menunjukkan orang beli mobil lebih banyak memiliki cash," jelas Hendrayadi.