POPULAR STORIES

Walau Tak Boleh Mudik, Pertamina Jamin Stok BBM Di Sepanjang Tol Trans Jawa Aman

Walau Tak Boleh Mudik, Pertamina Jamin Stok BBM di Sepanjang Tol Trans Jawa Aman

KabarOto.com - Sejak April lalu pemerintah sudah mengimbau terkait larangan mudik, hal ini dilakukan demi memutus rantai penyebaran virus Corona atau Covid-19. Walau begitu, Pertamina tetap memastikan pasokan dan distribusi BBM lancar seperti tahun-tahun sebelumnya.

Komisaris Pertamina Condro Kirono dan Direktur Pemasaran Ritel Pertamina Mas'ud Khamid melalukan management walkthrough (MWT). Mereka menyambangi beberapa titik SPBU di sepanjang Tol Trans Jawa dan Terimal BBM Pengapon selama dua hari, (20-21/5).

Baca Juga: Meski Mudik Dilarang, BPH Migas Tetap Jamin Stok BBM

Hari pertama perjalanan, mereka singgah di SPBU KM 57, SPBU KM 228, SPBU KM 379, dan berakhir di TBBM Pengapon. Kemudian, hari kedua dilanjutkan ke SPBU KM 519, SPBU KM 626, SPBU KM 725, dan berakhir di SPBU COCO Dupak—Surabaya.

"Ditengah adanya pembatasan aktivitas pada masa pandemi COVID-19, tercatat per 20 Mei 2020, secara nasional ketahanan stok Premium 34 hari, Pertalite 35 hari, Pertamax 46 hari, Pertamax Turbo 99 hari, Solar 28 hari, Dexlite 40 hari, Dex 120 hari," ujar Mas'ud.

Penurunan konsumsi BBM tersebut juga menunjukkan berkat pemberlakuan aturan dilarang mudik diawasi ketat. Oleh karena itu, Pertamina tidak membuka titik-titik SPBU modular di jalan tol Trans Jawa yang menjadi jalur utama pemudik.

Baca Juga: Konsumsi BBM Di Sumut Menurun Efek Pandemi Covid-19, Ini Yang Dilakukan Pertamina

Namun demikian, stok BBM di 7 titik SPBU regular yang berada di Jalur Tol Trans Jawa (wilayah MOR IV) tetap disiagakan dan dalam jumlah yang cukup.

Adapun ketujuh titik SPBU regular tol Trans Jawa yang berada di wilayah MOR IV, yaitu SPBU Jalur A arah ke Surabaya di km 379, 429 dan 519 serta SPBU jalur B ke Jakarta yaitu di km 260, 360, 389 dan 519.