Wapres JK: Hebat Juga Dalam Keadaan Sulit Bikin Pameran IIMS 2015

Wapres JK: Hebat Juga Dalam Keadaan Sulit Bikin Pameran IIMS 2015 Pembukaan IIMS 2015 diresmikan oleh Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla (Foto: KabarOto/Rizky Fitrianto)

Pagi ini pembukaan Indonesia International Motor Show (IIMS) telah dibuka oleh Wakil Presiden Republik Indonesia, Jusuf Kalla. Dalam hal ini, Wapres di depan para pejabat Dyandra Promosindo, para peserta IIMS 2015 dan jurnalis mengatakan dalam keadaan sulit bisa bikin pameran IIMS 2015.

Mulai hari ini, Rabu (19/8) IIMS resmi dibuka oleh Wapres Jusuf Kalla (JK). Dengan adanya pembukaan tersebut maka resmi pula penyelenggaraan IIMS 2015 ini. IIMS 2015 akan diselenggarakan dari tanggal 20 hingga 30 Agustus mendatang di JIExpo, Kemayoran Jakarta Pusat.

Di dalam pembukaan tersebut Wapres mengatakan, ia teringat dengan perkataan Ketua DPR yang menanyakan kepadanya bahwa hebat juga dalam keadaan sulit bisa bikin pameran. Ekonomi baik pameran pun terus berlanjut, tidak masalah.

Ia pun mencontohkan, di negara Amerika ukuran kemajuan ekonomi digambarkan dengan dua varian, mobil dan rumah. Lain halnya jika di Indonesia, mobil sudah menjadi kebutuhan pokok.

"Mobil bukan kebutuhan dasar tetapi mendasar. Saya kira di Jakarta ini sebagian besar mempunyai satu mobil kurang. Perlu adanya 2-3 kendaraan sebagai sarana pendukung utama. Butuh mobilitas tinggi saat ini hingga butuh variasi cukup," jelas JK.

Industri mobil punya keterlibatan vendor, sub kontraktor komponen yang banyak. Di negeri industri maju itu vendor bisa ribuan. Sedangkan di Indonesia masih ratusan. Tingkat tingginya kapasitas industri lebih dari 1 juta. Nantinya kelompok penyedia vendor akan meningkat disamping dealer, sparepart dan service.

Masih menurut JK di pembukaan IIMS 2015 tersebut, ia menuturkan, Indonesia mempunyai prestasi yang baik di industri mobil. Dahulu sebelum prestasi diraih oleh Indonesia, Thailand yang meraihnya.

"Thailand dulu negara yang pabrik mobil terbesar di Asia Tenggara. Kita sudah lampaui Thailand dan perlu kita jaga. Kalau 10-20 tahun lalu mudik lambang kemacetan di kereta api. Berikutnya adalah bus. Dua tahun lalu berubah menjadi kesibukan sepeda motor. Tahun ini mobil yang pegang peranan. Wajar jika industri otomotif mobil penting untuk kemajuan bangsa yang butuh mobilitas tinggi," kata JK.

Dengan demikian pameran otomotif ini bukan ditujukan pada konsumen tapi pertarungan teknologi industri di mana pun. Karena itulah di pameran ini menjadi pilihan para konsumen untuk memilih kendaraannya sesuai dengan kebutuhannya. Apakah itu untuk lifestyle dan lain sebagainya. Yang terpenting menurut JK adalah pilih teknologi yang terbaiknya.

"IIMS 2015 akan tetap berlangsung untuk beri motivasi pada peminat, generasi muda, pengembang bisnis, engineering. Dengan demikian, dengan resmi saya buka pameran IIMS 2015 ini," ucap JK membuka peresmian pameran IIMS 2015.

Baca Juga: