POPULAR STORIES

Warna Spesial Mazda Lebih Ramah Lingkungan

Warna Spesial Mazda Lebih Ramah Lingkungan Dok : Mazda

KabarOto.com – Mobil Mazda terkenal dengan warna-warna yang cukup menarik ketimbang merek Jepang lainnya. Sebut saja seperti warna andalannya Soul Red Crystal dan Machine Grey Premium.

Warna baru dari pabrikan Jepang adalah Rhodium White Premium yang sempat ditunjukkan ketika perilisan CX-60, terinspirasi oleh estetika khas Jepang di mana keindahan ditunjukkan dalam kesederhanaan dan tidak adanya elemen yang berlebihan.

Baca juga: Mazda CX-60 PHEV, Hadirkan Warisan Budaya Jepang

Warna baru ini dibuat menggunakan teknologi pengecatan Takuminuri Mazda, warna tersebut cukup spesial karena hanya menggunakan tiga lapisan diantaranya lapisan bening, lapisan reflektif dan lapisan warna.

Lapisan warna ini memberikan perpaduan warna baru, mengembangkan pigmen putih yang menghasilkan warna putih halus seperti sutra. Mazda juga menjelaskan biasanya cat putih membuat lapisan bawah terlihat, dan harus memberikan lapisan bening lebih tebal ketimbang saat mengerjakan warna lain.

Baca juga: Selang 2 Minggu, Mazda CX-5 Terjual 857 Unit

Namun berbeda dengan Rhodium White Premium, cat menggunakan pigmen baru yang memungkinkan Mazda mengurangi ketebalan lapisan warna hingga 30% dibandingkan dengan Snowflake White Pearl Mica. alhasil, lebih sedikit sumber daya digunakan dan bisa mengurangi emisi CO2 selama proses produksi.

Lalu tidak sampai sana, lapisan reflektif menggunakan metode cat yang mengandung serpihan aluminium ultra-tipis, dan diterapkan secara hati-hati agar mencapai ketebalan seragam. Dengan proses ini menghasilkan lapisan reflektif sangat tipis, setebal 0,5 mikron, atau hanya sekitar 7% dari ketebalan lapisan reflektif biasanya.