POPULAR STORIES

WFH Bikin Badan Kaku, Ini Tips Dari Pembalap Agar Badan Tetap Bugar

WFH Bikin Badan Kaku, Ini Tips dari Pembalap agar Badan Tetap Bugar

KabarOto.com - Mewabahnya virus Corona atau Covid-19 di Indonesia membuat beberapa kebijakan diberlakukan oleh pemerintah dan jajarannya. Diharuskan karantina mandiri pekerjaan rumah maupun sekolah akhirnya dilakukan di rumah. Berhari-hari bahkan berminggu-minggu di rumah, ritme pergerakan tubuh jadi terbatas.

Tidak sedikit orang yang akhirnya jarang bergerak saat di rumah. Nah, Sobat KabarOto harus tetap menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar seperti latihan ringan yang bisa dilakukan di mana saja.

Baca Juga: MotoGP Prancis Ditunda, Belum Ada Jadwal Pengganti

Pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) berbagi pengalaman menjaga kondisi tubuh agar tetap bugar. Beberapa gerakan ringan dilakukan setiap hari, tapi tetap memberikan waktu untuk tubuh beristirahat dengan menerapkan 'istirahat latihan' saat akhir pekan.

"Misalnya setiap hari saya melakukan push up dan sit up 20 reps sebanyak 4 set. Lalu, dikombinasikan dengan plank atau hanging masing-masing 1 menit selama 3 set. Terakhir, triceps dips 20 reps sebanyak 3 set," jelas Irfan Ardiansyah Pembalap AHRT asal Ungaran ini.

Baca Juga: 18 Bulan Tak Boleh Balapan, Andrea Iannone Ajukan Banding

Selain latihan tersebut, Irfan juga melakukan olahraga cardio seperti lari. Nah, perharinya ia berlari minimal sejauh 4 km dengan mengutamakan keamanan. Tapi Sobat KabarOto juga bisa menggantinya dengan sepeda statis selama 45 menit.

Walau semua orang bisa melakukannya, perlu diperhatikan bahwa latihan-latihan tersebut dilakukan sesuai kekuatan masing-masing.

"Misalnya kami para pembalap melakukan push up 20 reps sebanyak 4 set, sementara yang belum terbiasa bisa dilaukan hanya 2 set," tambahnya.

Baca Juga: 9 Tahapan Agar Mandalika Jadi Sirkuit Internasional

Tak hanya latihan, Sobat KabarOto juga perlu mengatur pola makan. Misalnya mengatur jumlah karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh dan tidak kurang minum air mineral.

"Makan makanan bergizi dan sesuai porsi kebutuhan tubuh kita. Penting lagi, lebih banyak minum air putih agar tidak dehidrasi. Minimal 8 gelas per hari, karena ada latihan kebutuhan air diperbanyak," ujar Mario Suryo Aji CEV Moto3 Junior World Championship.