Wih, Civic Estilo Ini Jadi Agresif Pakai Rocket Bunny

Wih, Civic Estilo Ini Jadi Agresif Pakai Rocket Bunny Foto : Deddy / KO

KabarOto.com – Honda Civic Estilo memang sedang nge-trend di kalangan pecinta mobil retro. Sebab mobil yang dulunya dijual dengan harga tidak terlalu mahal, zaman sekarang dengan kondisi bagus harganya bisa mencapai angka Rp 300 juta!.

Desain body sporty, lekukan dinamis khas Honda 90-an, serta 2 pintu layaknya mobil sport, membuat Estilo sering kali jadi objek modifikasi yang pas untuk digarap. Apalagi banyak komponen tipe Honda lainnya dapat diaplikasikan di mobil ini.

Seperti Estilo milik Riswan Rusdiansyah ini, yang dimodifikasi sedemikian rupa agar terlihat agresif, namun masih bisa dipakai harian senyaman mungkin.

Baca Juga : Modifikasi Honda Civic Type R, Alasan Tak Puas Standar Pabrik

Tampilan luarnya, meemang sedikit berbeda dari kebanyakan Estilo di Indonesia, sebab menggunakan body kit lansiran Rocket Bunny yang memang bawaannya sudah terkesan agresif. Kit ini sendiri meliputi penggantian bumper, overfender, side skirt, spoiler, serta canard.

Tampilan depannya, terdapat lips yang ukuran cukup besar ditambah canard besar khas Rocket Bunny Pandem. Lalu bagian overfender sendiri membuat tampilan semakin lebar sekitar 5 cm dari standarnya, dan harus mengorbankan fender asli dipotong supaya roda masih bisa berputar leluasa.

Di sisi lain, terdapat penambahan side skirt yang modelnya mengikuti lekukan fender hingga bagian belakang. Dan, di buritan sendiri ada penambahan spoiler baru, serta part penyambung dari fender samping.

Nah, karena fender semakin melebar maka agar fitment-nya pas dipasangkan adaptor berbahan duralium setebal 3,5 cm untuk depan dan 4 cm di belakang. Peleknya sendiri menggunakan Rays ZE40 Time Attack Edition ukuran 16 inci lebar tapak 8 inci, offset 27. Ban high performance andalkan Advan Neova 225/45 R16.

Sementara bagian kaki-kaki, sang owner memakai sistem suspensi aircup, jadi masih diaplikasikan coilover ditambah cup udara yang berfungsi ketika dibutuhkan melewati jalanan tinggi, supaya tidak terjadi gesekan.

Berlanjut ke sektor jantung pacu, Estilo ini menggunakan mesin B20 V-TEC, dengan kepala silinder diambil dari B18A. Lalu internal beberapa masih standar, hanya diganti piston PHK dan metal-metal ACL. Sementara ubahan lain ada pada strutbar Spoon, intake dan throttle body Skunk2, NGK power cable, open filter JS Racing, fan dicangkok dari Karimun, dan radiator Sard. Dan, sistem suplai bensin disempurnakan oleh fuel pump dan fuel rail AEM, serta fuel pressure Sard. Lengkap pernak-pernik seperti Spoon radiator cap, dan Mugen oil cap.

Soal sistem pelepas energi alias knalpot, header dikustom 4-1 dengan full sampai belakang lansiran Buddy Club. Semua sistem pada mesin mobil ini diatur oleh ECU dari Hondata.

Baca Juga : Honda Civic Type R EK9 Dimodifikasi Sesuai Model Diecast

Interior dibuat senada dengan eksterior, dimodifikasi juga namun diklaim masih nyaman, sebab fitur seperti AC dan headunit masih ada. Bagian yang diubah di antaranya jok menggunakan bucket seat Mugen S1, lalu setir Momo Montecarlo Spoon edition, lengkap NSX horn button. Lalu ada juga roll cage 7 titik dari Cusco. Dilengkapi strutbar belakang merek Spoon agar makin stabil.