POPULAR STORIES

Modifikasi Honda Civic Type R, Alasan Tak Puas Standar Pabrik

Modifikasi Honda Civic Type R, Alasan Tak Puas Standar Pabrik Foto : Deddy / KO

KabarOto.com – Honda Civic Type R merupakan varian paling tinggi dari seluruh line up Civic yang ada. Asyiknya, generasi paling baru sekarang yang memiliki kode FK8 dijual resmi oleh Honda Prospect Motor. Karena sebelumnya Type R lebih banyak masuk lewat importir umum.

FK8 memiliki basis dari Civic Hatchback, sebenarnya model ekteriornya juga tidak terlalu beda jauh. Hanya saja Type R punya lebih banyak lubang udara, fender lebih lebar, spoiler, dan yang pastinya seluruh parts dibuat untuk menunjang performa tinggi.

Gril menggunakan Mugen berbahan karbon.

Nah kali ini KabarOto ketemu salah satu Civic Type R yang ada di Indonesia, nih. Tapi kondisinya sudah dimodifikasi demi mempermanis tampilan, serta performanya.

Baca Juga : Modifikasi Honda Civic EK Simpel Ala Type R

Civic Type R ini milik Ricky Dianto, modifikasi yang ia lakukan untuk eksterior paling terlihat dari depan adalah penggantian kap mesin. Merupakan lansiran Varis, modelnya lebih sporty dengan aksen hitam dan airscoops, serta tidak lupa gril menggunakan Mugen berbahan karbon.

Kap mesin Varis yang juga berbahan karbon.

Sebagai pemanis tambahan, sang owner juga turut menambahkan side rear door add-on supaya bagian pintu belakang terkesan menyatu bersama overfender-nya. Dan jika diperhatikan lagi, ternyata sisi spion ditambahkan kamera 360.

Terdapat kamera sisi samping.

Baca Juga : Kerennya Pelek Rays TE37 Dipasang Berbagai Kendaraan

Tampilan eksterior lain yang memikat adalah sektor kaki-kaki. Pelek aftermarket garapan Volk Rays ZE40 ukuran 18 inci berkelir merah dengan lebar 8,5 inci. Bannya sendiri gunakan Advan Neova AD08R profil 255/40 R18.

Lalu sektor pengereman di-upgrade menggunakan AP Racing Pro5000R brake kit, Seeker brakelines, serta kampas rem Endless ME22 depan dan CCRG belakang demi menjinakkan performa mesinnya. Ada penambahan HardRace front camber balljoint.

Soal mesinnya, walau standarnya sudah bisa menghasilkan tenaga 310 dk, tapi hal itu belum cukup bagi Ricky. Makanya dilakukan pergantian misalnya saja intercooler dan intake memakai merek PRL, lalu charge pipe dan oil cooler dipercayakan pada HKS. Optimalkan pendinginan mesin andalkan radiator Koyorad, termostat J’s Racing, dan muffler Greddy. Sayangnya kenaikan tenaga tidak disebutkan berapa angkanya, tapi pasti sudah di atas 310 dk, sob!

Interiornya sendiri masih mempertahakan orisinal FK8 yang sudah sangat sporty. Tapi ada perubahan pada tuas shifter, karena sudah short shifter dan mount-nya menggunakan Seeker, sehingga pengemudi lebih cepat dalam pemindahan gigi.

Bagaimana menurut kalian Civic Type R ini? Pol banget sob!