Wow! Lexus Berani Kasih Garansi 10 Tahun Untuk Baterai Mobil Listrik UX 300e

Wow! Lexus Berani Kasih Garansi 10 Tahun untuk Baterai Mobil Listrik UX 300e Lexus UX 300e (Lexus)

KabarOto.com - Suka tidak suka, secara perlahan mobil listrik rasanya akan menggantikan peran mobil bermesin konvensional, sebagai alat transportasi di masa depan. Apalagi, saat ini beberapa pabrikan sudah menjual mobil listrik yang canggih.

Meski begitu, bagi sebagian orang, timbul rasa khawatir ketika akan memiliki mobil listrik. Salah satunya terkait dengan daya tahan baterai. Bila digunakan terus menerus, berapa lama kah baterai mobil listrik dapat bertahan?

Baca Juga: Tengok Kawasaki KR-1, Motor 250 CC Tercepat Di Dunia

Seperti diketahui, baterai merupakan komponen paling vital dalam sebuah kendaraan listrik. Bila rusak, harganya komponen penggantinya pun saat ini dinilai masih sangat mahal.

Mengatasi keraguan tersebut, produsen mobil mewah asal Jepang, Lexus, baru saja mengumumkan bahwa baterai lithium-ion teknologi baru yang disematkan pada model UX 300e, akan diberi garansi hingga 10 tahun.

Susunan baterai di lantai kabin

Bos Lexus Wilayah Eropa, Pascal Ruch mengatakan, masa garansi tersebut juga setara dengan pemakaian sejauh 1 juta kilometer. Garansi yang diberikan, mencangkup segala kerusakan terkait fungsi dari baterai.

Selain itu, jika kapasitas baterai menurun di bawah 70% selama periode 10 tahun, Lexus akan mengganti yang baru secara gratis, asalkan pemilik mematuhi pemeriksaan rutin, seperti yang dijelaskan dalam program pemeliharaan.

"Kepemimpinan kami yang diakui dalam elektrifikasi, ditambah dengan komitmen garansi 10 tahun ini, membawa tingkat kepastian baru kepada pelanggan yang memilih mobil listrik di segmen ini," tutur Ruch.

Rencananya, Lexus UX 300e yang bersaing di segmen crossover listrik kompak, akan diluncurkan di Eropa akhir tahun ini, dan pasar lainnya menyusul pada 2021.

Pengisian baterai dapat dikontrol melalui ponsel

UX 300e sendiri, merupakan mobil full electric pertama Lexus, yang setiap unitnya dibuat di pabrik Kyushu di Jepang. Didukung oleh baterai lithium-ion berkapasitas tinggi 54,3 kWh, UX 300e menawarkan daya jelajah hingga 400 km dalam kondisi penuh.

Baca Juga: Pekan Ini, BMW X6 Terbaru Meluncur Di Tanah Air

Agar kinerjanya tetap prima, Lexus juga menambahkan sistem pendingin udara baru, selain sistem berpendingin air. Jadi, UX 300e memiliki dua sistem pendingin. Teknologi ini, diklaim juga dapat meningkatkan masa pakai baterai.

Sebagai tenaga penggerak, UX 300e ditenagai oleh motor listrik yang dipasang di depan. Motor listrik itu, sanggup menghasilkan torsi sebesar 300 Nm. Torsi yang dihasilkan, lebih besar dari UX 200 bertenaga bensin yang berada di angka 205 Nm.