POPULAR STORIES

Luar Biasa! Volvo XC40 Berhasil Jadi Mobil Terbaik Di Jepang

Luar Biasa! Volvo XC40 Berhasil Jadi Mobil Terbaik di Jepang Volvo XC40 (ist)

KabarOto.com - Produk mobil Jepang terkenal akan kualitas dan ketahanannya (durability) yang cocok digunakan di berbagai kondisi iklim. Belum lagi teknologi canggih yang tersemat dalam produk mobil asal negeri Matahari Terbit tersebut.

Tak heran bila brand mobil Jepang kerap terpilih sebagai sebagai mobil terbaik di beberapa negara. Namun uniknya, di Jepang sendiri untuk tahun ini giliran Volvo XC40 yang resmi dinobatkan sebagai mobil terbaik Car of The Year Japan 2018-2019.

Car of the Year Japan 2018

Penobatan ini bahkan merupakan tahun kedua yang berhasil diraih Volvo. Pada tahun lalu, Volvo juga mendapat predikat mobil terbaik dengan model XC60 yang lebih besar dimensinya dibanding XC40.

Dalam pemilihan Japan Car of the Year 2017, Volvo XC60 meraih skor 294 poin, SUV asal Swedia itu ungul dari BMW Seri 5 (242 poin) yang berada di posisi kedua serta Toyota Camry (232 poin).

Bagian belakang XC40 yang terlihat sporty

Ketiganya kemudian diikuti oleh Suzuki Swift (210 poin) dan Honda N-Box (189 poin). Hasil ini sekaligus menjadikannya sebagai brand mobil impor pertama asal Swedia, yang menyandang gelar tersebut di Jepang.

Sport Utility Vehicle (SUV) XC40 yang dibangun dari platform Compact Modular Architecture (CMA) yang dikembangkan bersama Geely, sebelumnya juga mendapat capaian terbaik setelah juga dinobatkan sebagai mobil terbaik Eropa (European Car of the Year) 2018.

Baca Juga: Profil Mercedes-Benz C 300 AMG Line

Dalam sebuah perhitungan yang dilakukan oleh 60 juri, Volvo XC40 sukses menghalahkan Toyota Corolla Sport di tempat kedua. Di mana XC40 meraih 363 poin dan Corolla hanya mengantongi 314 poin.

Posisi ketiga terbaik ditempati Volkswagen Polo dengan 197 poin, sementara Toyota Crown menempati posisi keempat dengan 170 poin dan Mitsubishi Eclipse Cross berakhir di urutan kelima dengan 165 poin.

BMW X2 peraih Emotional Award

Selain 5 besar poin tertinggi, ada juga beberapa gelar khusus yang diberikan di Japan COTY. Salah satunya adalah Best Innovation Award yang didapatkan oleh Honda Clarity PHEV (plug-in hybrid), dimana gelar ini tahun lalu didapatkan oleh Toyota Prius PHEV. Serta Emotional Award yang diraih BMW X2.

Baca Juga: Asik Nih! Pemprov DKI Perpanjang Penghapusan Denda Pajak Kendaraan Bermotor

XC40 sendiri menjadi model paling kecil dari Volvo XC series. Dibekali mesin 2.0-liter 4-silinder turbocharged, sanggup menghasilkan tenaga hingga 187 dk dan torsi sebesar 221 Nm.

POPULAR STORIES

HOT