POPULAR STORIES

Wuling Air Ev Pakai Subwoofer Tidak Getar, Ini Rahasianya

Wuling Air ev Pakai Subwoofer Tidak Getar, Ini Rahasianya Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Wuling Air ev memang memiliki ruang kabin cukup terbatas. Namun Kramat Motor berani untuk melakukan upgrade audio dari mobil mungil ini, ditambah dengan subwoofer juga.

Penggantian speaker menggunakan sistem 2 way, dan amplifier 4 kanal yang diletakkan di kolong jok pengemudi. Serta yang unik ada tambahan subwoofer 8 inci di bagian bagasinya.

Fungsi bagasi masih cukup walau tambah subwoofer.

Baca Juga : Spion DVR Bikin Mobil Lebih Aman Dan Terlihat Canggih

Pertanyaannya, apakah bodi Wuling Air ev akan bergetar ketika gunakan subwoofer yang kekuatannya hingga 90 dB? Jawabannya ketika KabarOto menjajal langsung, jawabannya tidak.

Kramat Motor berhasil membuat suara Air ev ini lebih terasa padat, tanpa ada gangguan dari getaran panel, terutama ketika mendengar lagu dengan bass yang besar.

Rahasianya ternyata pada instalasi, dijelaskan oleh Budi Luki, Research and Development (RnD) Kramat Motor, bahwa bagasi Air ev itu berbahan plat dengan lapisan kain saja, berbeda dengan mobil pada umumnya yang biasanya ada busa.

Baca Juga : Ini Biaya Modifikasi Audio Wuling Air Ev, Bisa Jedag-jedug

"Bagasi Air ev ini dari kain langsung ketemu plat bodi, jadinya saat pemasangan subwoofer di belakang, kita tambahkan busa di kakinya sekitar 1,5-2 cm tujuannya agar getaran tidak langsung ke bodi," ujar Budi.

Busa ini diletakkan di keempat sisi kaki subwoofer.

Lebih lanjut dijelaskan, setelan juga berpengaruh, sehingga suara yang dihasilkan berpusat ke kabin bukannya ke arah luar mobil.

Serta ada tambahan peredam di bagian pintu juga membantu supaya suara dari luar tidak masuk, dan mengurangi getaran dari penggantian speaker yang lebih besar, karena speaker bawaan mobil kecil dan aftermaket-nya jarang.