POPULAR STORIES

Wuling Almaz RS Hadir Sebagai SUV Dengan Inovasi Terdepan

Wuling Almaz RS Hadir Sebagai SUV dengan Inovasi Terdepan Foto: Chelvin / KO

KabarOto.com – Wuling Almaz RS hadir sebagai kendaraan SUV modern, dikatakan demikian karena dibekali inovasi terdepan yakni Internet of Vehicle (IoV) dan Advanced Driver Assistance System (ADAS), yang tergabung dalam Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE) serta WIND.

Rangkaian teknologi tersebut sengaja dihadirkan Wuling Motors untuk memungkinkan terwujudnya ekosistem cerdas, yang saling terhubung antara Almaz RS dan penggunanya. Diberi nama Wuling Interconnected Smart Ecosystem (WISE).

KabarOto berkesempatan untuk mencoba kendaraan SUV dari Wuling Motors ini selama 5 hari, dan menempuh jarak hampir 450 km. Bukan saja performa, namun KabarOto bisa mengeksplorasi fitur modern yang digendong SUV tersebut. Salah satu bagian dari fitur WISE adalah Internet of Vehicle (IoV).

Baca juga: Ini Fitur Terbaik Di Wuling New Cortez

Kemampuan koneksi head unit dengan smartphone

Cara kerja fitur Wise ini cukup dengan menyambungkan head unit dengan smartphone dengan koneksi Android Auto. Namun sebelumnya harus mengunduh aplikasi MyWuling+. Setelah mengunduhnya, untuk tersambung dengan head unit, Anda diminta memasukkan email serta nomor VIN Wuling Almaz RS.

Untuk tersambung dengan Bluetooth, bisa juga melalui scan (barcode) di head unit atau bisa mengikuti perintah yang ada di aplikasi. Setelah selesai tersambung, maka Anda akan bisa mengendalikan berbagai fitur dari aplikasi yang sudah diunduh.

Berbagai fitur yang bisa dikendalikan dari aplikasi MyWuling+ terdiri dari Vehicle Positioning, Vehicle Remote Control, Geo-Fencing Security hingga Bluetooth Key. Para pengguna dapat mengakses Online Navigation, Online Music, dan Internet Messaging App melalui head unit yang didukung oleh perintah suara berbahasa Indonesia, Wuling Indonesian Command (WIND).

Kehadiran inovasi IoV di Almaz RS memungkinkan pengguna melakukan berbagai kendali serta mengetahui lokasi kendaraannya melalui MyWuling+, sehingga rasa aman dapat selalu terjaga. Namun ini semua harus dalam kondisi aplikasi tersambung dan aktif. Koneksi internet dari smartphone harus pada saat kondisi mobil menyala, ketika mobil menyala maka akan secara otomatis tersambung dengan smartphone.

Selain itu, pengguna juga dapat dengan mudah memberikan perintah suara untuk mengakses fasilitas navigasi, musik, serta berkirim pesan. Salah satu perintah suara yang KabarOto lakukan, mengucapkan kalimat “halo Wuling”, dilanjut perintah “tutup kaca” atau “tutup sunroof”, maka kaca pengemudi atau sunroof akan menutup secara otomatis.

Sedangkan fitur WISE pada Wuling Almaz RS haruslah digunakan secara bijak dan bertanggung jawab. Setiap pengguna produk ini hendaknya memahami prosedur dan batasan pengoperasian WISE sebelum berkendara, dengan menggunakan buku manual sebagai referensinya.

Baca juga: New Wuling Cortez Innovating Comfort Zone, Ada Penambahan Fitur

Aplikasi MyWuling+ bikin pengoperasian mobil mudah dan modern

Jika ingin meminjamkan kendaraan ke orang lain, pengguna bisa melakukan pengaturan pada pilihan ‘Manajemen Otorisasi Kunci’. Pastikan orang lain yang diberikan otorisasi akses kunci telah memiliki email akun My Wuling+ yang sudah diaktivasi.

Pengaturan tersebut dilakukan via aplikasi My Wuling+ dengan menambahkan nama serta email yang diberikan otorisasi untuk mengakses kunci Almaz RS yang anda miliki. Apabila tidak terdaftar, maka selain anda tidak akan dapat mengakses kunci via smartphone, balik lagi menggunakan kunci standar dari Wuling Almaz RS.

Untuk Bluetooth Key, tidak perlu dalam kondisi mobil menyala, karena di mobil tersebut tersedia sinyal low energy Bluetooth. Jadi jika paket data smartphone habis atau tidak ada sinyal bukan menjadi masalah, karena bekerja melalui fasilitas Bluetooth.

Tampaknya kendaraan ini jauh melebihi ekspektasi penggunanya, di Indonesia baru Wuling Almaz RS di kelasnya yang menyediakan kemudahan teknologi ini.

Dengan fitur-fitur modern tadi, rasanya SUV ini layak menjadi kendaraan andalan keluarga. Harga, performa dan fitur menjadi alasan SUV tersebut di pilihan.